Skip to main content

Shahih Tafsir Ibnu Katsir: Surat al-Faatihah (0/2)

Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Surat al-Faatihah (0/2)

Jumlah ayatnya

Surat ini terdiri dari tujuh ayat tanpa ada perselisihan. Dan basmalah () adalah satu ayat berdiri sendiri pada awal surat al-Faatihah, sebagaimana pendapat jumhur Qurra' dan kufah. Dan juga merupakan pendapat sejumlah Shahabat, Tabi'in, dan ulama Khalaf.

Jumlah kata dan hurufnya

Mereka mengatakan, "Surat al-Faatihah terdiri dari 25 kata dan 113 huruf."

Mengapa dinamakan Ummul Kitaab?

Al-Bukhari berkata di awal kitab tafsir: "Disebut Ummul Kitaab karena al-Faatihah ditulis pada permulaan al-Qur-an dan dibaca pada permulaan shalat." (3)

Ada yang mengatakan: "Disebut Ummul Kitaab karena seluruh makna al-Qur-an kembali kepada apa yang dikandungnya."

Ibnu Jarir mengatakan: "Orang Arab menyebut kata 'umm' untuk semua yang mencakup atau mendahului sesuatu jika ia memiliki perkara-perkara yang mengikutinya dan ia sebagai pemuka baginya. Seperti ummur ra'-si adalah sebutan untuk kulit yang meliputi otak. Dan mereka menyebut bendera dan panji tempat berkumpulnya pasukan di bawahnya dengan sebutan umm." Ia mengatakan: "Kota Makkah disebut Ummul Quraa karena keberadaannya terlebih dahulu dan ia sebagai penghulu bagi kota-kota lainnya. Ada yang mengatakan: 'Disebut Ummul Quraa karena bumi terbentang darinya'." (4)

Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallaahu 'anhu, dari Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bahwa beliau bersabda tentang Ummul Qur-aan:

"Dia adalah Ummul Qur-aan, dia adalah as-Sab'ul Matsaani dan dia adalah al-Qur-aanul 'Azhiim." (5)

Abu Ja'far Muhammad bin Jarir ath-Thabari meriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallaahu 'anhu, dari Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, beliau bersabda:

"Ia adalah Ummul Qur-aan, ia adalah Faatihatul Kitaab dan ia adalah as-Sab'ul Matsaani." (6)

Bersambung...

===

(3) Fat-hul Baari 8/6.

(4) Tafsiir ath-Thabari 1/107.

(5) HR. Ahmad 2/448. Komentar Syaikh Syu'aib al-Arnauth hafizhahullaah: "Sanadnya shahih, berdasarkan syarat periwayatan al-Bukhari dan Muslim." (Al-Musnad 15/489 no. 9788, cet. Ar-Risalah)

(6) Tafsiir ath-Thabari 1/107.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta - Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog