Skip to main content

Shahih Tafsir Ibnu Katsir: Surat al-Faatihah (1/3)

Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Surat al-Faatihah (1/3)

Beberapa pendapat lain mengenai bacaan basmalah beserta dalilnya, -pent.

Sebagian ulam lainnya berpendapat bahwa basmalah tidak dibaca secara jahr dalam shalat. Inilah yang shahih dari para khalifah yang empat radhiyallaahu 'anhum, 'Abdullah bin Mughaffal, dan beberapa golongan ulama Salaf maupun Khalaf. Ini pula yang menjadi pendapat madzhab Abu Hanifah, ats-Tsauri dan Ahmad bin Hanbal rahimahumullaah.

Adapun menurut Imam Malik, basmalah tidak dibaca sama sekali, baik secara jahr maupun sirr. Mereka berdalil dengan hadits yang terdapat dalam Shahiih Muslim dari 'Aisyah radhiyallaahu 'anhuma, ia berkata: "Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam membuka shalat dengan takbir dan bacaan al-hamdu lillaahi Rabbil 'aalamiin." (30)

Diriwayatkan pula dalam Shahiih al-Bukhari dan Shahiih Muslim dari Anas bin Malik radhiyallaahu 'anhu, ia menceritakan: "Aku pernah mengerjakan shalat di belakang Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, Abu Bakar, 'Umar, dan 'Utsman. Mereka semua membuka shalat dengan bacaan al-hamdu lillaahi Rabbil 'aalamiin."

Dan menurut riwayat Muslim: "Mereka tidak menyebutkan 'Bismillaahir Rahmaanir Rahiim' pada awal bacaan dan tidak juga pada akhirnya." (31) (32)

Hal senada juga terdapat dalam kitab Sunan, diriwayatkan dari 'Abdullah bin Mughaffal radhiyallaahu 'anhu. (33)

Demikianlah dasar-dasar pengambilan pendapat para imam mengenai masalah ini. Pendapat mereka tidaklah jauh berbeda, karena mereka semua sepakat bahwa orang yang shalat, baik membaca bismillah secara jahr maupun secara sirr keduanya adalah sah. Segala pujian dan sanjungan hanyalah milik Allah 'Azza wa Jalla.

Pasal: Keutamaan basmalah

Imam Ahmad bin Hanbal dalam Musnadnya meriwayatkan dari seorang yang dibonceng oleh Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, ia berkata: "Tunggangan Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam tergelincir, maka aku katakan: 'Celaka syaitan.' Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:

'Janganlah engkau mengucapkan: 'Celaka syaitan'. Karena jika engkau mengucapkannya, maka ia akan membesar dan berkata: 'Dengan kekuatanku, aku jatuhkan dia'. Dan jika engkau mengucapkan 'bismillah', maka ia akan menjadi kecil hingga seperti seekor lalat.'" (34)

Dan an-Nasa-i juga meriwayatkan dalam 'Amalul Yaum wal Lailah dan Ibnu Mardawaih dalam kitab tafsirnya dari Usamah bin 'Umair, ia berkata: "Aku pernah dibonceng oleh Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam", lalu ia menyebutkan kejadiannya, dan Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:

"Jangan mengucapkan itu, karena syaitan akan membesar seperti rumah. Akan tetapi ucapkanlah: 'Bismillaah', niscaya ia akan menjadi kecil seperti seekor lalat." (35)

Ini merupakan berkah dari ucapan "bismillaah."

Bersambung...

===

(30) Ibnu Abi Hatim 1/12. Muslim no. 498(240).

(31) Fat-hul Baari 2/265, dan Muslim 1/299. Al-Bukhari no. 743, Muslim no. 399.

(32) Al-Hafizh berkata dalam Buluughul Maraam: "Dalam riwayat Ahmad, an-Nasa-i dan Ibnu Khuzaimah disebutkan: "Mereka tidak menjahrkan 'Bismillaahir Rahmaanir Rahiim', dan dalam riwayat Ibnu Khuzaimah yang lain disebutkan: "Mereka membacanya secara sirr." Oleh karena itulah penafian dalam riwayat Muslim dibawakan kepada makna ini.

(33) At-Tirmidzi no. 244. Ibnu Majah no. 815. Dha'if: Didha'ifkan oleh Syaikh al-Albani rahimahullaah dalam kitabnya Dha'iif Sunan at-Tirmidzi no. 39 dan Dha'iif Sunan Ibni Majah no. 174.

(34) Ahmad 5/59. Shahih: Dishahihkan oleh Syaikh al-Albani rahimahullaah dalam Shahiihul Jaami' no. 7401.

(35) An-Nasa-i dalam al-Kubra 6/142.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta - Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog