Skip to main content

Syarat Batalnya Puasa dan Hal-hal yang Dibolehkan bagi Orang yang Berpuasa (2) | Kajian Ramadhan

Majaalisu Syahru Ramadhaan.

Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullaah.

Kajian Ramadhan.

Kajian Kelima Belas.

Syarat Batalnya Puasa dan Hal-hal yang Dibolehkan bagi Orang yang Berpuasa (2).

Jika seseorang itu lupa, maka puasanya tetap sah dan ia tidak punya kewajiban untuk mengqadhanya berdasarkan ayat dalam surat al-Baqarah di atas. Juga berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallaahu 'anhu dari Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bahwa beliau bersabda:

"Siapa saja yang lupa ketika sedang menjalankan puasa, lalu ia makan atau minum, maka hendaklah ia tetap menyempurnakan puasanya. Karena sebenarnya Allah lah yang memberinya makan dan minum." (Mutafaq 'alaih, sedangkan lafalnya milik Imam Muslim)

Perintah Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam untuk menyempurnakan puasa ini merupakan dalil mengenai sahnya puasa yang dilakukan oleh orang tersebut, sedangkan penyandaran pemberian makan dan minum kepada orang yang lupa itu kepada Allah merupakan dalil bahwa ia tidak akan dihukum atas apa yang dilakukannya itu. Akan tetapi manakala ia ingat atau diingatkan, ia harus menghentikannya dan mengeluarkannya dari mulutnya karena ketika itu sudah tidak ada lagi udzur. Orang yang melihat orang yang sedang berpuasa sedang makan atau minum karena hal di atas, maka ia wajib mengingatkannya berdasarkan firman Allah Subhaanahu wa Ta'aala: "Tolong menolonglah untuk melakukan kebajikan dan ketakwaan." (Qur-an Surat al-Ma-idah (5): ayat 5)

Baca selanjutnya: Syarat Batalnya Puasa dan Hal-hal yang Dibolehkan bagi Orang yang Berpuasa (3)

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Majaalisu Syahru Ramadhaan, Penulis: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullaah, Penerbit: Daruts Tsurayya lin Nasyr - Riyadh, Cetakan I, 1422 H/ 2002 M, Judul terjemahan: Kajian Ramadhan, Penerjemah: Salafuddin Abu Sayyid, Penerbit: al-Qowam - Solo, Cetakan V, 2012 M.

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog