Skip to main content

Shahih Tafsir Ibnu Katsir: Muqaddimah Ibnu Katsir (9)

Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Muqaddimah Ibnu Katsir (9)

Bentuk-bentuk tafsir

Ibnu Jarir rahimahullaah berkata: Telah meriwayatkan kepada kami Muhammad bin Basyar, telah meriwayatkan kepada kami Mu-ammal, telah meriwayatkan kepada kami Sufyan dari Abuz Zinad, ia berkata: "Telah berkata kepada kami Ibnu 'Abbas radhiyallaahu 'anhuma: 'Tafsir terbagi menjadi empat bentuk, yaitu tafsir yang dapat dimengerti oleh orang Arab bahasanya, tafsir yang tidak ada udzur bagi seseorang untuk tidak mengetahuinya, tafsir yang hanya diketahui oleh para ulama dan tafsir yang tidak diketahui kecuali oleh Allah." (21)

Surat-surat Makkiyyah dan Madaniyyah

Hamman meriwayatkan dari Qatadah, ia berkata: "Surat al-Qur-an yang turun di Madinah adalah surat al-Baqarah, Ali 'Imran, an-Nisaa', al-Maa-idah, Baraa-ah (at-Taubah), ar-Ra'du, an-Nahl, al-Hajj, an-Nuur, al-Ahzaab, Muhammad, al-Fat-h, al-Hujuuraat, ar-Rahmaan, al-Hadiid, al-Mujaadilah, al-Hasyr, al-Mumtahanah, ash-Shaff, al-Jumu'ah, al-Munaafiquun, at-Taghaabun, ath-Thalaaq, at-Tahriim hingga ayat kesepuluh, az-Zalzalah, dan an-Nashr. Surat-surat ini turun di Madinah, sedangkan surat-surat lain semua diturunkan di Makkah. (22)

Jumlah ayat al-Qur-anul Karim

Jumlah ayat al-Qur-anul 'Azhim adalah 6000 ayat. Selebihnya para ulama berbeda pendapat. Ada yang tidak menambahkan lebih dari 6000 ayat. Ada yang menambahkannya 204 ayat. Ada yang menambahkannya 14 ayat. Ada yang menambahkannya 219 ayat, 225 ayat, atau 226 ayat. Dan ada juga yang menambahkannya 236 ayat. Demikian yang diceritakan oleh Abu 'Amr ad-Dani dalam kitab al-Bayaan.

Jumlah kata dan hurufnya

Adapun jumlah kata-katanya, al-Fadhl bin Syadzan meriwayatkan dari 'Atha' bin Yasar, ia berkata: "(Jumlah kata dalam al-Qur-an adalah) tujuh puluh tujuh ribu empat ratus tiga puluh sembilan (77439) kata."

Adapun jumlah hurufnya, 'Abdullah bin Katsir meriwayatkan dari Mujahid, ia berkata: "Menurut perhitungan kami jumlah huruf dalam al-Qur-an adalah tiga ratus dua puluh satu ribu seratus delapan puluh (321180) huruf." Al-Fadhl meriwayatkan dari 'Atha' bin Yasar bahwa jumlahnya tiga ratus dua puluh tiga ribu lima belas (323015) huruf. Sallam Abu Muhammad al-Himmani mengatakan bahwa al-Hajjaj mengumpulkan par qari', hafizh, dan para penulis, lalu mengatakan: "Beritahukan kepadaku berapa jumlah huruf al-Qur-an seluruhnya?" Mereka menjawab: "Kami mengumpulkan dan menghitungnya. Jumlahnya adalah tiga ratus empat puluh ribu tujuh ratus empat puluh (340740) huruf."

Bersambung...

===

(21) Tafsiir ath-Thabari 1/75.

(22) Al-Itqaan 1/28.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta - Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog