Skip to main content

Shahih Tafsir Ibnu Katsir: Muqaddimah Ibnu Katsir (2)

Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Muqaddimah Ibnu Katsir (2)

Segala puji bagi Allah yang telah mengutus para Rasul-Nya:

"...sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan agar supaya tidak ada alasan bagi manusia membantah Allah sesudah diutusnya Rasul-rasul itu. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (Qur-an Surat an-Nisaa': ayat 165)

Dan menutup mereka dengan Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam yang ummi al-Arabi al-Makki pemberi petunjuk untuk menjelaskan jalan yang benar, diutus kepada seluruh makhluk-Nya dari kalangan jin dan manusia sampai hari Kiamat. Sebagaimana Allah Ta'ala berfirman:

"Katakanlah: 'Hai manusia, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu semua, yaitu Allah yang mempunyai kerajaan langit dan bumi, tidak ada ilah (yang berhak diibadahi dengan benar) selain Dia, yang menghidupkan dan yang mematikan, maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya, Nabi yang ummi yang beriman kepada Allah dan kepada kalimat-kalimat-Nya (Kitab-kitab-Nya) dan ikutilah dia supaya kamu mendapat petunjuk." (Qur-an Surat al-A'raaf: ayat 58)

Dan Allah Ta'ala juga berfirman:

"...supaya dengannya aku memberi peringatan kepadamu dan kepada orang-orang yang sampai al-Qur-an (kepadanya)..." (Qur-an Surat al-An'aam: ayat 19)

Maka barangsiapa yang sampai kepadanya al-Qur-an, baik orang Arab ataupun orang 'Ajam (non Arab), baik yang berkulit hitam ataupun putih, baik jin ataupun manusia, maka al-Qur-an merupakan peringatan baginya. Oleh karena itu Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman:

"...dan barangsiapa di antara mereka (orang-orang Quraisy) dan sekutu-sekutunya yang kafir kepada al-Qur-an, maka Nerakalah tempat yang diancamkan baginya..." (Qur-an Surat Huud: ayat 17)

Maka barangsiapa yang kafir kepada al-Qur-an dari mereka yang telah kami sebutkan, Allah mengancam mereka dengan Neraka, sebagaimana firman-Nya:

"Maka serahkanlah (wahai Muhammad) kepada-Ku (urusan) orang-orang yang mendustakan perkataan ini (al-Qur-an). Nanti Kami akan menarik mereka dengan berangsur-angsur (ke arah kebinasaan) dari arah yang tidak mereka ketahui." (Qur-an Surat al-Qalam: ayat 44)

Dan Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:

"Aku diutus kepada kaum yang berkulit merah ataupun hitam."

Mujahid mengatakan: "Yakni kalangan manusia dan jin." (2)

Dan beliau -semoga shalawat dan salam tercurah kepadanya- adalah utusan Allah kepada seluruh jin dan manusia untuk menyampaikan kepada mereka apa yang diwahyukan oleh Allah kepada beliau Shallallaahu 'alaihi wa Sallam berupa Kitab yang mulia ini yang tidak datang kepadanya kebathilan, baik dari depan maupun dari belakangnya, yang diturunkan dari (Rabb) Yang Mahabijaksana lagi Mahaterpuji.

Bersambung...

===

(2) Ahmad 5/145. Shahih. Dishahihkan oleh Syaikh Syu'aib al-Arnauth hafizhahullaah dalam kitab al-Musnad 35/224 nomor 21299, cetakan Mu-assasah ar-Risalah - Beirut.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta - Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog