Skip to main content

Shahih Tafsir Ibnu Katsir: Muqaddimah Ibnu Katsir (6)

Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Muqaddimah Ibnu Katsir (6)

Oleh karena itulah, 'Abdullah bin 'Amr radhiyallaahu 'anhu, pada perang Yarmuk mendapat dua kotak berisi buku-buku Ahli Kitab. Lalu ia menyampaikan dari keduanya karena memahami dari hadits ini bahwa hal itu diperbolehkan.

Hukum riwayat Israiliyyat

Akan tetapi hadits-hadits Israiliyyat hanya disebutkan sebagai penguat, bukan sebagai sandaran. Riwayat Israiliyyat terbagi menjadi tiga macam. Pertama, riwayat yang kita ketahui keshahihannya yang sesuai dengan apa yang tertera dalam Kitab suci kita yang bisa dibuktikan kebenarannya. Maka riwayat ini shahih. Kedua, riwayat yang kita ketahui kebohongannya dan bertentangan dengan syari'at yang ada pada kita. Ketiga, riwayat yang belum bisa dikomentari, tidak termasuk jenis pertama dan tidak juga jenis kedua. Maka riwayat ini tidak kita terima dan tidak juga kita tolak. Dan boleh meriwayatkannya berdasarkan hadits di atas. Kebanyakan riwayat Israiliyyat jenis ini tidak berisi faedah apapun dalam urusan agama kita. Sebagaimana mereka menyebutkan nama-nama Ash-habul Kahfi, warna anjing mereka dan jumlah mereka. Juga tentang tongkat Musa, dari kayu apa ia dibuat. Tentang nama-nama burung yang Allah hidupkan bagi Ibrahim dan penetapan bagian tubuh sapi mana yang dipukulkan kepada orang yang mati dalam kisah sapi betina. Dan juga jenis pohon yang Allah berbicara kepada Musa darinya. Serta beberapa perkara yang tidak dijelaskan secara rinci di dalam al-Qur-an, yang tidak mengandung faedah menyebutkannya secara terperinci bagi para mukallaf dalam urusan dunia maupun agama mereka.

Kedudukan tafsir para Tabi'in

(Pasal) Apabila engkau tidak mendapati tafsir dalam al-Qur-an, as-Sunnah ataupun perkataan Shahabat, maka kebanyakan dari para imam merujuk kepada ucapan-ucapan para Tabi'in, seperti Mujahid bin Jabr, karena ia termasuk salah satu tokoh besar dalam ilmu tafsir, sebagaimana dikatakan oleh Muhammad bin Ishaq: "Telah menceritakan kepada kami Aban bin Shalih dari Mujahid, ia berkata: 'Aku membaca mush-haf di hadapan Ibnu 'Abbas sebanyak tiga kali, dari awal hingga akhir. Aku membahas setiap ayat dan menanyakan kepada beliau tentang tafsirnya'." (9)

Ibnu Jarir meriwayatkan dari Ibnu Abu Mulaikah, ia berkata: "Aku melihat Mujahid bertanya kepada Ibnu 'Abbas tentang tafsir al-Qur-an, sementara ia membawa buku catatannya."

Maka Ibnu 'Abbas berkata kepadanya: "Tulislah!" hingga Mujahid menanyakan tentang tafsir seluruhnya." (10)

Oleh karena itu, Sufyan ats-Tsauri berkata: "Apabila sampai kepadamu tafsir dari Mujahid maka itu sudah mencukupi." (11)

Demikian juga Sa'id bin Jubair, 'Ikrimah maula (mantan budak) Ibnu 'Abbas, 'Atha' bin Abi Rabah, al-Hasan al-Bashri, Masyruq bin al-Ajda', Sa'id Ibnul Musayyab, Abul 'Aliyah, ar-Rabi' bin Anas, Qatadah, adh-Dhahhak, Ibnu Muzahim dan ulama-ulama lainnya dari kalangan Tabi'in, Tabi'ut Tabi'in dan setelahnya. Disebutkan perkataan-perkataan mereka tentang tafsir ayat al-Qur-an. Lalu terkesan dari perkataan mereka ini perbedaan-perbedaan lafazh yang disangka oleh orang yang tidak memiliki ilmu sebagai perpecahan. Lalu mereka meriwayatkan beberapa pendapat yang berbeda, padahal tidak demikian, sebab di antara mereka ada yang mengungkapkan sesuatu secara kontekstual atau dengan analogi, dan di antara mereka ada yang mengungkapkannya secara tekstual, sementara maknanya sama saja pada banyak pembahasan. Hendaklah para pelajar memahami hal ini. Wallaahul Haadi.

Bersambung...

===

(9) Tafsiir ath-Thabari 1/90.

(10) Tafsiir ath-Thabari 1/90.

(11) Tafsiir ath-Thabari 1/91.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta - Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog