Skip to main content

Shahih Tafsir Ibnu Katsir: Surat al-Faatihah (0/4)

Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Surat al-Faatihah (0/4)

Al-Faatihah dalam shalat

Hadits lain diriwayatkan oleh Muslim dari Abu Hurairah radhiyallaahu 'anhu, dari Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, beliau bersabda:

"Barangsiapa yang mengerjakan shalat tanpa membaca Ummul Qur-an di dalamnya, maka shalatnya kurang... kurang... kurang, yakni tidak sempurna." Dikatakan kepada Abu Hurairah: "(Bagaimana jika) kami berada di belakang imam?" Maka Abu Hurairah berkata: "Bacalah al-Faatihah itu secara sirr (hanya terdengar oleh diri sendiri), karena aku pernah mendengar Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: 'Allah 'Azza wa Jalla berfirman: 'Aku telah membagi ash-Shalaah (bacaan al-Faatihah) menjadi dua bagian antara diri-Ku dengan hamba-Ku. Dan bagi hamba-Ku apa yang dia minta. Jika ia mengucapkan: 'Al-Hamdulillaahi Rabbil 'Aalamiin,' maka Allah berfirman: 'Hamba-Ku telah memuji-Ku.' Jika ia mengucapkan, 'Ar-Rahmaanir Rahiim,' maka Allah berfirman: 'Hamba-Ku telah menyanjung-Ku.' Jika ia mengucapkan: 'Maaliki yaumid Diin,' maka Allah berfirman: 'Hamba-Ku telah memuliakan-Ku.'" Dan Abu Hurairah pernah mengatakan: "(Allah berfirman:) 'Hamba-Ku telah berserah diri kepada-Ku.' Jika ia mengucapkan: 'Iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin,' maka Allah berfirman: 'Ini adalah antara diri-Ku dan hamba-Ku, dan bagi hamba-Ku apa yang ia minta.' Dan jika ia mengucapkan: 'Ihdinash shiraathal mustaqiim, shiraathal ladziina an'amta 'alaihim ghairil maghdhuubi 'alaihim waladh dhaalliin,' maka Allah berfirman: 'Ini untuk hamba-Ku dan bagi hamba-Ku apa yang ia minta'."

Demikianlah yang diriwayatkan oleh an-Nasa-i dan dalam lafazh riwayat Muslim dan an-Nasa-i disebutkan: "Setengahnya untuk-Ku dan setengah lagi untuk hamba-Ku, dan bagi hamba-Ku apa yang ia minta." (12)

Pembahasan tentang hadits ini dan khususnya berkaitan dengan al-Faatihah

Dalam hadits di atas disebutkan kata "shalat (qasamtush shalaat)", dan yang dimaksud adalah bacaan, sebagaimana firman Allah Subhaanahu wa Ta'aala: "Janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara keduanya." (QS. Al-Israa': 110)

Maksud "suaramu" yakni "bacaanmu", sebagaimana dijelaskan dalam riwayat yang shahih dari Ibnu 'Abbas radhiyallaahu 'anhuma. (13)

Demikian juga Allah berfirman dalam hadits qudsi ini: "Aku telah membagi shalat (bacaan al-Faatihah) menjadi dua bagian antara diri-Ku dan hamba-Ku. Separuh untuk diri-Ku dan separuh untuk hamba-Ku. Dan bagi hamba-Ku apa yang ia minta."

Kemudian Allah menjelaskan pembagian itu secara rinci dalam bacaan al-Faatihah. Ini menunjukkan agungnya bacaan al-Faatihah dalam shalat dan itu merupakan rukun yang utama. Di sini disebutkan ibadah (shalat) sedang yang dimaksud adalah satu bagian darinya yaitu bacaan shalat. Sebagaimana disebutnya kata qur-aan (bacaan), sedangkan yang dimaksud adalah shalat, seperti dalam firman Allah: "Dan (dirikanlah pula shalat) Shubuh. Sesungguhnya shalat Shubuh itu disaksikan (oleh Malaikat)." (QS. Al-Israa': 78)

Sebagaimana disebutkan secara jelas dalam kitab Shahiih al-Bukhari dan Shahiih Muslim: "Shalat Shubuh itu disaksikan oleh Malaikat malam dan Malaikat siang." (14)

Bersambung...

===

(12) Muslim 1/296 dan an-Nasa-i dalam al-Kubra 5/11, 12. Muslim no. 395, an-Nasa-i no. 909. Dan riwayat senada oleh Abu Dawud no. 821, at-Tirmidzi no. 2953, Ibnu Majah no. 3784, Ahmad no. 7289, 7823, dan lihat Shahiih at-Targhiib no. 1455.

(13) Fat-hul Baari 8/257. Al-Bukhari no. 4722.

(14) Fat-hul Baari 8/251 dan Muslim 1/439. Al-Bukhari no. 648, Muslim no. 649.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta - Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog