Skip to main content

Tafsir Ibnu Katsir Juz 1: Pendahuluan

Tafsiirul Qur-aanil 'Azhiim

Tafsir Ibnu Katsir Juz 1 al-Fatihah - al-Baqarah

Pendahuluan

Bismillaahir Rahmaanir Rahiim

Syaikh Imam al-Hafizh, Imaduddin Abu Fida Ismail Ibnul Khatib Abu Hafs Umar Ibnu Katsir -semoga Allah melimpahkan rahmat dan rida-Nya kepada dia- mengatakan, "Segala puji bagi Allah yang telah membuka kitab-Nya dengan firman-Nya:

'Segala puji milik Allah Tuhan semesta alam, Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai hari Pembalasan.' (QS. Al-Faatihah: 2-4)

Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman:

'Segala puji milik Allah yang telah menurunkan kepada hamba-Nya al-Kitab (al-Qur-an) dan dia tidak mengadakan kebengkokan di dalamnya, sebagai bimbingan yang lurus, untuk memperingatkan akan siksaan yang pedih di sisi Allah dan memberi berita gembira kepada orang-orang yang beriman, yang mengerjakan amal saleh, bahwa mereka akan mendapat pembalasan yang baik, mereka kekal di dalamnya untuk selama-lamanya. Dan untuk memperingatkan kepada orang-orang yang berkata: Allah mengambil seorang anak. Mereka sekali-kali tidak mempunyai pengetahuan tentang hal itu, begitu pula nenek moyang mereka. Alangkah jeleknya kata-kata yang keluar dari mulut mereka, mereka tidak mengatakan (sesuatu) kecuali dusta.' (QS. Al-Kahfi: 1-5)

Allah memulai penciptaan-Nya dengan pujian. Untuk itu, Dia berfirman:

'Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan langit dan bumi, dan mengadakan gelap dan terang, namun orang-orang kafir mempersekutukan (sesuatu) dengan Tuhan mereka.' (QS. Al-An'aam: 1)

Allah mengakhiri penciptaan-Nya dengan pujian pula. Maka sesudah menceritakan tempat ahli Surga dan tempat ahli Neraka. Dia berfirman:

'Dan kamu akan melihat Malaikat-malaikat berlingkar di sekeliling 'Arsy bertasbih seraya memuji Tuhannya, dan diberi putusan di antara hamba-hamba Allah dengan adil dan diucapkan: Segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam.' (QS. Az-Zumar: 75)

Bersambung...

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Tafsiirul Qur-aanil 'Azhiim, Penulis: al-Imam Abul Fida Isma'il Ibnu Katsir ad-Dimasyqi, Judul terjemahan: Tafsir Ibnu Katsir Juz 1 al-Fatihah - al-Baqarah, Penerjemah: Bahrun Abu Bakar Lc, Penerbit: Sinar Baru Algensindo Bandung, Cetakan Ketiga, Tahun 2003.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog