Skip to main content

Shahih Tafsir Ibnu Katsir: Muqaddimah Ibnu Katsir (8)

Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Muqaddimah Ibnu Katsir (8)

Ibnu Jarir rahimahullaah meriwayatkan dari Ibnu Abi Mulaikah, bahwa Ibnu 'Abbas radhiyallaahu 'anhuma pernah ditanya tentang sebuah ayat yang seandainya ditanyakan kepada orang selainnya niscaya orang itu akan menjawabnya namun Ibnu 'Abbas diam, tidak berbicara tentangnya. Sanadnya shahih. (15)

Diriwayatkan juga dari Ibnu Abi Mulaikah, ia berkata: "Seorang laki-laki bertanya kepada Ibnu 'Abbas tentang ayat:

'...satu hari yang kadar (lama)nya adalah seribu tahun menurut perhitunganmu.' (Qur-an Surat as-Sajdah: ayat 5)

Maka Ibnu 'Abbas berkata kepadanya: 'Apa yang dimaksud dengan satu hari yang kadar (lama)nya adalah seribu tahun menurut perhitunganmu?' Maka laki-laki itu berkata: 'Aku bertanya kepadamu agar engkau menjelaskannya kepadaku.' Ibnu 'Abbas menjawab: 'Itu adalah dua hari yang disebutkan oleh Allah dalam Kitab-Nya dan Allah lebih mengetahui tentang keduanya.' Ibnu 'Abbas tidak suka berbicara tentang Kitabullah apa yang ia tidak mengetahui tentangnya." (16)

Al-Laits meriwayatkan dari Yahya bin Sa'id dari Sa'id bin al-Musayyab, ia mengatakan bahwa dirinya tidak pernah berbicara tentang al-Qur-an, kecuali yang memang ia mengetahui ilmunya. (17)

Ayyub, Ibnu 'Aun, dan Hisyam ad-Dustuwa-i meriwayatkan dari Muhammad bin Sirin, ia berkata: "Aku bertanya kepada Abu 'Ubaidah yakni as-Salmani, tentang sebuah ayat al-Qur-an, maka ia berkata: 'Orang-orang yang mengetahui apa al-Qur-an diturunkan telah tiada. Maka bertakwalah kepada Allah dan hendaknya engkau senantiasa menetapi kebenaran.'" (18)

Dan asy-Sya'bi meriwayatkan dari Masruq, ia berkata: "Berhati-hatilah berbicara tentang tafsir, karena itu adalah riwayat dari Allah." (19)

Atsar-atsar yang shahih dan yang semisalnya dari para Shahabat dan imam-imam Salaf menunjukkan keengganan mereka berbicara tentang tafsir al-Qur-an yang mereka tidak memiliki ilmu tentangnya. Adapun barangsiapa yang berbicara tentang apa yang ia mengetahui ilmunya, baik secara bahasa maupun syar'i, maka tidak ada halangan baginya. Oleh karena itulah, diriwayatkan dari mereka dan juga selainnya tentang tafsir al-Qur-an. Hal ini tidaklah bertentangan, karena mereka berbicara tentang apa yang mereka memiliki ilmu tentangnya dan diam terhadap perkara yang mereka tidak memiliki ilmu tentangnya. Dan ini wajib bagi setiap orang. Sebagaimana ia wajib diam dalam perkara yang ia tidak mengetahui ilmunya. Demikian pula ia wajib menyampaikan perkara yang ditanyakan kepadanya, sedang ia memiliki ilmu tentangnya. Hal ini berdasarkan firman Allah Subhaanahu wa Ta'aala:

"...hendaklah kamu menerangkan isi Kitab itu kepada manusia, dan jangan kamu menyembunyikannya..." (Qur-an Surat Ali 'Imran: ayat 187)

Dan juga berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari beberapa jalan:

"Barangsiapa yang ditanya tentang suatu ilmu lalu ia menyembunyikannya, niscaya pada hari Kiamat ia akan dibelenggu dengan belenggu dari api Neraka." (20)

Bersambung...

===

(15) Tafsiir ath-Thabari 1/86.

(16) Tafsiir ath-Thabari 23/602.

(17) Tafsiir ath-Thabari 1/86.

(18) Tafsiir ath-Thabari 1/86.

(19) Tafsiir ath-Thabari 1/86.

(20) Ahmad 2/101, 305, 495, Tuhfatul Ahwadzi 7/407, dan al-Hakim 1/101. Shahih. Diriwayatkan oleh Abu Dawud nomor 3658, at-Tirmidzi nomor 2649, Ibnu Majah nomor 264, 266. Dishahihkan oleh Syaikh al-Albani rahimahullaah, lihat kitab Shahiih at-Targhib wa at-Tarhiib nomor 120.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta - Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog