Skip to main content

Pengantar pada Cetakan Terbaru | Hukum dan Tata Cara Mengurus Jenazah Menurut al-Qur-an dan as-Sunnah

Ahkaamul Janaa-iz wa Bida'uha.

Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah.

Hukum dan Tata Cara Mengurus Jenazah Menurut al-Qur-an dan as-Sunnah.

Pengantar pada Cetakan Terbaru (1).

Segala puji hanya bagi Allah. Kepada-Nya kita memanjatkan pujian dan memohon pertolongan. Dan kita juga berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita sendiri dan keburukan amal perbuatan kita. Barangsiapa diberi petunjuk oleh Allah, maka tidak akan ada yang dapat menyesatkannya. Dan barangsiapa disesatkan-Nya, maka tidak ada yang dapat memberikan petunjuk kepadanya. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah (yang berhak diibadahi (dengan benar)) selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku juga bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Amma ba'du:

Ini merupakan cetakan terbaru dari bukuku, yang insya Allah bermanfaat, yang berjudul Ahkaam al-Janaa-iz, dengan warna baru yang menarik hati pembacanya, memberi manfaat bagi pengkaji dan para penuntut ilmu.

Pada cetakan kali ini telah dilakukan beberapa perubahan dan tambahan yang perlu untuk dijelaskan dan diberitahukan kepada para pembaca, yang tercakup ke dalam beberapa point berikut ini:

1. Tambahan beberapa faidah di bidang ilmu fiqih dan hadits.

2. Pemindahan catatan kaki dalam jumlah yang cukup besar ke dalam isi buku, sehingga sampai ke pemikiran para pembaca.

3. Memberikan perhatian tersendiri pada tulisan buku, baik menyangkut kata maupun hurufnya.

4. Perbaikan terhadap beberapa bagian yang kurang tepat, kemudian aku menyadari hal tersebut atau diberitahu oleh orang lain.

5. Membuat daftar isi ilmiah yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para pembaca sekaligus mempermudah untuk mengambil keuntungan dari pembahasan buku dan permasalahannya.

Dan beberapa perubahan dan tambahan lainnya yang bisa memperindah mata dan juga bisa diambil manfaatnya oleh akal pikiran.

Yang tidak kalah pentingnya untuk disebutkan adalah bahwa dengan penampilan terbaru seperti ini serta dengan beberapa tambahan, cetakan ini menghapuskan seluruh cetakan sebelumnya, dan menjadi hak murni Maktabah al-Ma'arif, ar-Riyadh, yang tidak dimiliki pihak lainnya.

Semoga Allah senantiasa meluruskan langkah kita menuju kepada kebenaran.

Mudah-mudahan shalawat, salam serta berkah selalu terlimpahkan kepada Nabi kita, Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, keluarga dan para Shahabatnya.

"Mahasuci Engkau, ya Allah, dan segala puji hanya milik-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada Ilah (yang berhak diibadahi (dengan benar)) melainkan hanya Engkau. Aku memohon ampunan dan bertaubat kepada-Mu."

2/4/1412 H
Muhammad Nashiruddin al-Albani

===

(1) Dari Penerbit kitab asli.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Ahkaamul Janaa-iz wa Bida'uha, Penulis: Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, Penerbit: Maktabah al-Ma'arif, Riyadh - Saudi Arabia, Cetakan I, Tahun 1412 H/ 1993 M, Judul terjemahan: Hukum dan Tata Cara Mengurus Jenazah Menurut al-Qur-an dan as-Sunnah, Penerjemah: M. Abdul Ghoffar E.M., Penerbit: Pustaka Imam asy-Syafi'i - Indonesia, Cetakan Pertama, Muharram 1426 H/ Maret 2005 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog