Skip to main content

Dalil-dalil tentang disyari'atkannya 'aqiqah (3) | Aqiqah | Ketika Anak Itu Lahir | Menanti Buah Hati dan Hadiah Untuk Yang Dinanti

Menanti Buah Hati dan Hadiah Untuk Yang Dinanti.

Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat hafizhahullah.

Bab II.

Ketika Anak Itu Lahir.

23. Aqiqah (اَلْعَقِيْقَةُ).

2. Dalil-dalil tentang disyari'atkannya 'aqiqah (3).

Ketiga: Hadits Asma' binti Yazid (radhiyallahu 'anha):

Artinya: Dari Asma' binti Yazid dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda: "'Aqiqah itu hak (162), atas anak laki-laki dua kambing yang sama (umurnya) dan untuk anak perempuan seekor kambing."

Hadits shahih diriwayatkan oleh Imam Ahmad (6/ 456). Lafazh hadits kami turunkan dari kitab Athraf Musnad Imam Ahmad bin Hambal (juz 8 hal 394) oleh al-Hafizh Ibnu Hajar. Sedang Musnad Ahmad yang telah dicetak sebanyak enam jilid tidak terdapat lafazh "hak" (حَقًّ).

Wallahu a'lam.

Keempat: Hadits Ummu Kurz (radhiyallahu 'anha).

Artinya: Dari Ummu Kurz, ia berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Untuk anak laki-laki ('aqiqahnya) dua ekor kambing yang sama umurnya dan untuk anak perempuan seekor kambing. Tidak ada halangan bagi kamu apakah kambingnya laki-laki atau kambing perempuan."

Hadits shahih dikeluarkan Abu Dawud (no. 2834, 2835, 2836), at-Tirmidzi (no. 1516), Ibnu Majah (no. 3162) dan Ahmad (6/ 381 dan 422) dan lain-lain Imam.

Hadits Ummu Kurz ini diriwayatkan dari beberapa jalan sebagaimana telah di-takhrij oleh Syaikh al-Albani di Irwaa'-nya (4/ 390-392) dan beliau menshahihkannya. Tirmidzi mengatakan, "Hadits ini hasan - shahih."

Kelima: Hadits Ibnu 'Abbas (radhiyallahu 'anhuma):

Artinya: Dari Ibnu 'Abbas, ia berkata: Telah bersabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, "Untuk anak laki-laki dua 'aqiqahnya dan untuk anak perempuan satu 'aqiqahnya."

Diriwayatkan oleh Imam ath-Thahawiy di kitabnya Syarah Ma'aanil Atsar (1/ 458).

Syaikh al-Albani di Irwaa'-nya (4/ 392) mengatakan, "Dikeluarkan oleh ath-Thahawiy dengan sanad yang jayyid (bagus) di dalam Syawaahid (hadits-hadits penguat).

===

(162) Hak ialah sesuatu yang tidak patut ditinggalkan.

===

Maraji'/ Sumber:
Buku: Menanti Buah Hati dan Hadiah Untuk Yang Dinanti, Penulis: Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat hafizhahullah, Penerbit: Darul Qolam, Jakarta - Indonesia, Cetakan III, Tahun 1425 H/ 2004 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog