Skip to main content

Akhlaq isteri yang ideal: Tidak memperdayai madu

Akhlaq isteri yang ideal

Tidak memperdayai madu

Cemburu merupakan tabi'at wanita, dan tak seorang pun di antara mereka yang bisa menghindar darinya. Hal ini bisa dimaklumi selagi dia tidak berbuat secara berlebih-lebihan hingga melanggar yang harom, baik berupa perkataan maupun perbuatan. Tetapi jika dia cemburu secara berlebih-lebihan, sehingga suami merasa bahwa hak madunya terkurangi, lalu suaminya juga terpengaruh karenanya, maka itu merupakan cemburu yang menimbulkan dosa, dan suaminya juga ikut berdosa jika dia ikut terpengaruh dan meladeninya. Sebab suami wajib berbuat adil di antara isteri-isterinya. Jika tidak, maka adzab siap menunggu suami pada hari Kiamat.

Dari Abu Huroiroh rodhiyaLLOOHU 'anhu, bahwa Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda,
"Barangsiapa yang mempunyai dua isteri, lalu dia tidak berbuat adil di antara keduanya, maka dia datang pada hari Kiamat, sedang satu belahan dirinya jatuh."
(Diriwayatkan Imam at-Tirmidzi)

Apakah seorang isteri masih mencintai suaminya? Kalau memang begitu, mengapa dia tidak membantu suami untuk berbuat adil, menjaga dirinya untuk tidak berbuat semena-mena dan menutupi aibnya pada hari yang semua rahasia akan terkuak, sehingga dia tidak datang sedang satu belahan dirinya jatuh?

Jika seorang isteri menghendaki agar suaminya hanya cenderung kepada dirinya dan tanpa memperdulikan madunya, berarti dia adalah wanita egois, yang hidup untuk dirinya sendiri. Isteri semacam ini tidak layak mendapat kehormatan, termasuk pula dari suaminya. Tentu saja ini hanya dilakukan isteri yang membuat tipu daya untuk menguasai suaminya.

Karena alasan mencintai suami, dia melanggar hak madunya, karena ingin memenuhi tuntutan yang bersifat sementara. Sebenarnya dia juga tahu bahwa harga yang harus dibayar untuk mendapatkan tujuan itu ialah kehinaan suami yang telah dipengaruhinya, tanpa memperhatikan kebersamaan ALLOH dalam hubungannya dengan suami.

Sedangkan isteri yang ideal mampu menahan gejolak keinginannya, menguasai kecenderungannya dan tidak mengikuti kegegabahannya. Dia bisa menata keinginannya agar mengikuti ketentuan syari'at. Dia tidak memperdayai madunya dan mecelakainya. Dengan sikap seperti ini justru dia bisa mendapatkan curahan hati suami di dunia dan kebahagiaan di akhiroh.

Tidak heran jika kita melihat beberapa sosok wanita yang bertaqwa dari kalangan salaf maupun yang hidup pada zaman sekarang, yang merasakan kebersamaan ALLOH dalam sikapnya terhadap madu-madunya, sehingga dia justru berbuat baik kepadanya, tetap memenuhi haknya dan tidak menyembunyikan kebaikan sebagian di antara mereka.

Meskipun Ummahatul Mukminat rodhiyaLLOOHU 'anhum juga memiliki rasa cemburu di kalangan mereka, tapi Ummu Salamah rodhiyaLLOOHU 'anha tetap memuji Zainab rodhiyaLLOOHU 'anha dan menyayanginya, seraya berkata, "Dia adalah seorang wanita sholihah, suka berpuasa dan sholat malam, terampil membuat kerajinan, dan menshodaqohkan hasilnya kepada orang-orang miskin."

'Aisyah rodhiyaLLOOHU 'anhuma juga memuji Zainab binti Jahsy, dengan berkata, "Seorang wanita yang terpuji, ahli 'ibadah dan suka menyantuni anak-anak yatim serta janda, telah meninggal dunia."

Ummahatul Mukminin rodhiyaLLOOHU 'anhum merupakan teladan kita. Sebagian di antara mereka berbuat baik terhadap sebagian yang lain. Kalau pun rasa cemburu menguasai salah seorang di antara mereka, maka dia segera dapat menguasainya.

Para wanita yang hidup pada zaman sekarang juga banyak yang bisa berbuat baik kepada madu-madunya, layaknya saudara sendiri, sekalipun suami mereka sudah meninggal dunia. Salah seorang di antara mereka juga ikut mengasuh anak dari madunya, seperti mengasuh anaknya sendiri.

===

Maroji':
Kitab: az-Zaujatul Mistsaliyyah, Penulis: Khoulah binti 'Abdul Qodir Darwis, Penerbit: Darul Muhammadi lin Nasyr wat Tauzi', Cetakan 1, 1415 H, Judul terjemahan: Isteri yang ideal, Penerjemah: Kathur Suhardi, Penerbit: Darul Falah - Bekasi, Cetakan IX, 1432 H.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Kios Tas, Sepatu, Jaket, Baju, dll
http://SahlaAgency.blogspot.com

===

Sembilan kitab hadits dalam Satu software
Cinta Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam?
Gali pesan Beliau di software ini
Software hadits digital berisi sembilan kitab hadits dengan terjemah. Disertai berbagai fitur yang menarik.
Cocok untuk ustadz, pelajar, dan umum
http://lidwa.com

===

BISNIS PULSA
Harga voucher pulsa SANGAT MURAH !
Biaya registrasi GRATIS tanpa dipungut biaya apa pun
Biaya SMS reply Rp 0,- ( GRATIS )
Jumlah nominal deposit pulsa BEBAS tanpa ada minimal jumlah deposit
Transaksi pulsa ONLINE 24 jam sehari NONSTOP
Tidak ada target penjualan
http://www.pulsagram.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog