Skip to main content

Hadyus sari 219

Al-Hafizh (Ibnu Hajar rohimahuLLOOH berkata di) dalam Hadyus sari (Muqoddimah Fat-hul Baari) 219:

Sabda Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam (Yang paling panjang tangannya) artinya yang paling berhati mulia di antara mereka. Tersebut kata 'Yad (tangan)' di dalam al-Qur-an dan Hadits yang disandarkan kepada ALLOH 'Azza wa Jalla, Ahlus Sunnah wal Jama'ah sepakat bahwasanya hal itu tidak dimaksudkan dengan tangan anggota tubuh yang menjadi sifat makhluq. Ahlus Sunnah menetapkan apa yang disebutkan tentangnya dan beriman kepadanya, di antara mereka ada yang berhenti (menahan diri/ tawaqquf) tanpa menakwilnya dan di antara mereka pula ada yang membawa setiap lafazh daripadanya kepada makna yang tampak baginya (mentakwilnya). Demikianlah yang mereka lakukan pada semua yang disebutkan semisal ini.

Aku katakan:

Yang wajib adalah menetapkan Dua Tangan secara hakiki sesuai dengan yang layak bagi ALLOH 'Azza wa Jalla tanpa mentakyif (4) dan tamtsil (5), tanpa tahrif (6) dan ta'thil (7). Inilah yang disepakati oleh Ahlus Sunnah wal Jama'ah pengikut Salafush Sholih.

Adapun tawaqquf (menahan diri) dari menetapkannya dan mentakwil dengan cara tafwidh atau memilih untuk mentakwilnya, maka masing-masing dari keduanya adalah jalan ahli takwil dan ahli tafwidh dari madzhab asy'ariyyah dan maturidiyyah dalam pembahasan sifat ALLOH, sedangkan Ahlus Sunnah wal Jama'ah berlepas diri darinya. WALLOOHU a'lam.

===

(4) Takyif: mempertanyakan bagaimana hakikatnya.

(5) Tamtsil: menyamakannya dengan makhluq.

(6) Tahrif: merubah makna yang sebenarnya kepada makna lain yang tidak didukung oleh makna lafazh itu sendiri kecuali dengan kemungkinan yang lemah.

(7) Ta'thil: menghilangkan makna yang dikandung.

===

Maroji':
Kitab: Peringatan atas Kesalahan 'Aqidah dalam Fat-hul Bari, Penulis: Syaikh 'Ali bin 'Abdul 'Aziz bin 'Ali asy-Syibil, Penerbit: Darul Wathon dan Darusy Syibil - Riyadh, Cetakan II, 1422 H/ 2001, Penerjemah: Abu Ismail Fuad Lc, Penerbit: Pustaka al-Haura' - Jogjakarta, Cetakan I, 1426 H/ 2005 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Software islami ensiklopedi hadits kitab 9 imam berisi kumpulan hadits dan terjemah

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog