Skip to main content

Kata pengantar

Kata pengantar Dr. Sholih as-Sadlan

Segala puji bagi ALLOH. Sholawat dan salam semoga terlimpah atas hamba ALLOH dan Rosul-NYA, Nabi Muhammad shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam.

Amma ba'du:

Saudara Kholid bin 'Abdurrohman asy-Syayi' telah menyampaikan kepadaku ta'liq (catatan) dan takhrij yang dilakukannya terhadap hadits-hadits yang termaktub pada bagian siroh dari kitab Tahdziibul Asmaa' wal Lughoot karya Imam an-Nawawi rohimahuLLOOH. Setelah membaca tulisannya secara mendetail, maka aku menetapkan sebagai berikut:

1. Menilai bagus catatan-catatan dan takhrij haditsnya.

2. Meluruskan sebagian komentar. (1)

3. Menilai baik pekerjaan yang dilakukannya dari aspek memisah bagian siroh dari kitab Tahdziibul Asmaa' wal Lughoot. Hal itu karena dua perkara:

a. Hajat manusia pada ketersediaan kitab tentang siroh, seperti buku tipis ini.

b. Pengarang yaitu Imam an-Nawawi rohimahuLLOOH adalah Imam yang menjadi rujukan. Ia telah menempuh jalan pada bagian tulisan ini dengan cara yang jarang dilakukan orang, dimana ia menghimpun antara menyebutkan tema-tema penting tentang siroh, kemudian mukjizat-mukjizat, kemudian kekhususan-kekhususan yang bertalian dengan aspek-aspek fiqhiyyah. Aku menilai bagus apa yang ditempuh oleh saudara Kholid dengan tanpa memberikan catatan padanya, kecuali yang perlu diberikan catatan. Hal itu karena an-Nawawi rohimahuLLOOH menukil pendapat Syafi'iyyah, maka harus mendiskusikan pendapat-pendapat mereka dengan menyebutkan pendapat-pendapat lainnya, yang tentunya menyelisihi apa yang dimaksud oleh pengarang berupa membahasnya secara ringkas.

Semoga sholawat dan salam terlimpah atas Nabi kita, Nabi Muhammad shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam.

Dr. Sholih bin Ghonim as-Sadlan
Asisten Profesor pada Fakultas Syari'ah
Di Riyadh, 14/03/1413 H.

===

(1) Aku telah melakukan pelurusan ini.

===

Maroji':
Kitab: Tahdziibus Siroh an-Nabawiyyah, Penulis: Imam Yahya bin Syarof an-Nawawi, Penta'liq dan Pentakhrij: Abu 'Abdirrohman Kholid bin 'Abdirrohman bin Hamd asy-Syayi', Penerbit: Darush Shumay'i, Judul terjemah: Siroh Nabi Muhammad shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam ringkas, mudah dan akurat, Penerjemah: Akhmad Syaikhu, Penerbit: Pustaka Ibnu 'Umar, Cetakan II, 1434 H/ 2013 M.

===

Software islami ensiklopedi hadits kitab 9 imam berisi kumpulan hadits dan terjemah

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

BISNIS PULSA
http://www.pulsagram.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog