Skip to main content

LDL pembawa utama kolesterol (2)

Sifatnya yang tidak larut dalam air, menyebabkan kolesterol harus dipindahkan ke jaringan dimana kolesterol ini disimpan atau digunakan. Proses pengiriman kolesterol dilakukan oleh plasma darah dalam bentuk plasma lipoprotein.

Sebagai komponen membran sel, kolesterol dan lipid sangat berkaitan satu sama lain. Fungsi keduanya sangat penting buat sel, dari mengatur lalu lintas membran sampai sinyal transduksi. Komposisi keduanya mempengaruhi fungsi dan sifat sel, sehingga tidaklah mengejutkan kalau kerusakan sistem metabolisme lipid dan kolesterol akan menimbulkan penyakit pada manusia.

Perubahan pada keduanya mengganggu, secara spesifik pada fungsi seluler sel yang diakibatkan oleh perubahan genetik, faktor lingkungan, atau dari keduanya.

Kolesterol sebagai alat pengatur paling penting dari lipid memiliki mekanisme yang sangat kompleks bagi pemeliharaan konsentrasi kolesterol seluler dalam rentang konsentrasi yang sangat sempit.

Keberadaan kolesterol dalam tubuh manusia tidak bisa dilepaskan dari metabolisme lipid. Pada kondisi normal, hati manusia mengeluarkan very low density lipoproteins (VLDLs). Selanjutnya lipoprotein lipase akan meluruhkan trigliserida yang ada pada VLDLs menjadi asam lemak bebas yang kelak digunakan sebagai sumber energi. Sebagai hasilnya, VLDLs akan diubah pertama kali menjadi intermediate density lipoprotein yang selanjutnya diubah menjadi LDL.

LDL adalah pembawa kolesterol utama dalam darah. LDL ini sering dianggap kolesterol jahat. LDL mengandung apoB-100 yang berfungsi sebagai apolipoprotein utama LDL. Apolipoprotein ini akan mengantarkan kolesterol ke jaringan periferal dan selanjutnya kolesterol akan digunakan dalam pembuatan dan pemeliharaan membran sel.

Sementara itu, HDL, high density lipoprotein adalah lipoprotein kecil yang dihasilkan oleh hati dan usus yang mengandung sedikit kolesterol dan ester kolesteril. HDL ini mengandung apoA-I, apoC-I, apoC-II dan apolipoprotein lainnya yang kebanyakan berada dalam plasma manusia, termasuk enzim lesitin-kolesterol asli transferase, pengatalis pembentukan ester kolesteril dari lesitin dan kolesterol.

===

Maroji':
Tabloid Bekam Edisi 16/ Tahun 3/ 2013.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Sembilan kitab hadits dalam Satu software
Cinta Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam?
Gali pesan Beliau di software ini
Software hadits digital berisi sembilan kitab hadits dengan terjemah. Disertai berbagai fitur yang menarik.
Cocok untuk ustadz, pelajar, dan umum
http://lidwa.com

===

BISNIS PULSA
Harga voucher pulsa SANGAT MURAH !
Biaya registrasi GRATIS tanpa dipungut biaya apa pun
Biaya SMS reply Rp 0,- ( GRATIS )
Jumlah nominal deposit pulsa BEBAS tanpa ada minimal jumlah deposit
Transaksi pulsa ONLINE 24 jam sehari NONSTOP
Tidak ada target penjualan
http://www.pulsagram.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog