Skip to main content

Kolesterol: si sahabat baik (3)

Garam empedu yang sejumlah 95% lebih kemudian didaur ulang menjadi empedu yang dapat berfungsi normal dan dilepaskan kembali ke kandung empedu. Sementara sisanya yang sekitar 5% akan masuk ke dalam usus besar sehingga memicu pergerakan otot usus agar sisa cairan empedu dapat dibuang bersama tinja setiap harinya.

Pembuangan sisa garam empedu sangat penting karena inti steroid tidak bisa dihancurkan oleh tubuh maka perlu dibuang.

Berkaitan dengan skema perputaran cairan empedu para 'Ulama kedokteran Islam, seperti Imam adz-Dzahabi misalnya pernah mengungkapkan, "Kemudian hati mengirimkan makanan yang paling bagus dan sehat ke jantung dan mengirimkan ke paru-paru yang paling lembut dan paling kuat, yang paling basah ke otak, mengirimkan ke tulang yang paling keras dan paling kering dan kotorannya bersisa di dalamnya, lalu satu bagian darinya didorong ke kandung empedu yang dinamakan empedu kuning (chole) dan satu bagian ke limpa yang dinamakan empedu hitam, satu bagian dari kandung empedu didorong ke usus lalu membantu keluar yang berat..."

Imam adz-Dzahabi rohimahuLLOOH juga berkata, "ash-Shofrou' (empedu kuning) bersifat panas dan kering, bagian atas rasanya pahit, ash-Shofrou ini menghaluskan darah dan menembuskannya dalam aliran yang sempit. Satu bagian darinya dipusatkan ke usus lalu diperintahkan untuk mengeluarkan uap (gas)..."

Saat ini diketahui setelah molekul lemak terlepas dari garam empedu maka molekul tersebut berikatan membentuk bola kilomikron, yaitu jenis lipoprotein terbesar dengan kepadatan terendah sebab mengandung banyak molekul lemak yang bernama trigliserida.

Kilomikron diproduksi di usus kecil dan bahannya berasal dari konsumsi lemak. Kilomikron akan dialirkan menuju pembuluh limfa di usus lalu menuju pembuluh limfa dada sampai ke pembuluh selangka, hingga ketika asam lemaknya terpisah maka akan menjadi kilomikron sisa.

Adapun asam lemak akan mengalir ke hati dan digunakan sesuai kebutuhan tubuh, sementara sebagian lainnya disimpan dalam jaringan lemak tubuh di bawah kulit, sebagai cadangan energi.

Jika konsumsi asam lemak berlebih, maka kelebihan asam lemak akan diubah menjadi trigliserida dan diikat bersama kolesterol bebas sehingga akan membungkus kolesterol teresterifikasi menjadi paket VLDL (Very Low Density Lipoprotein). Hati kemudian melepaskan VLDL ke aliran darah sampai trigliserida melepaskan diri dan menjadikan VLDL membentuk VLDL sisa.

Sebagian VLDL sisa dibalikkan ke hati dan separuhnya akan membentuk IDL (Intermediate Density Lipoprotein). IDL adalah bahan utama pembentuk paket pengirim ester kolesterol yang dikatakan dalam jumlah besarn yaitu biasa disebut LDL (Low Density Lipoprotein).

===

Maroji':
Tabloid Bekam Edisi 16/ Tahun 3/ 2013.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Software islami ensiklopedi hadits kitab 9 imam berisi kumpulan hadits dan terjemah

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog