Skip to main content

Thoyyiban dari hulu hingga hilir (4)

Sambungan...

Selain menjadi baik, humor bisa juga menjadi buruk dan berbahaya. Panas pencernaan berlebih menghasilkan empedu kuning yang buruk, panas membakar menghasilkan empedu hitam buruk. Kekurangan panas menghasilkan lendir (balghom), kekurangan yang sangat atas panas bisa menghasilkan empedu hitam (sawda) karena kelebihan dingin membekukan dan mengendapkan cairan.

Humor jelek perlu dikeluarkan atau dibersihkan dari tubuh. Pembersihan (istifragh) bisa terjadi secara alami melalui diare, berkeringat dan muntah.

Pembersihan dapat juga terjadi melalui induksi dari luar tubuh seperti, menggunakan sehelai bulu untuk menyebabkan terjadinya muntah, menggunakan obat pencahar, pelepasan darah (fashd), dan hijamah (bekam).

Dari Ibnu 'Abbas rodhiyaLLOOHU 'anhuma, Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda, "Pengobatan itu ada tiga cara, yaitu minum madu, bekam dan kayy, sedangkan aku melarang ummatku berobat dengan kayy."
(Hadits Riwayat Imam al-Bukhori)

Abu 'Abdillah al-Maziri berkata, "Kondisi kelebihan unsur salah satunya adalah sanguin (darah), empedu, lendir, atau melankholik (empedu hitam). Pengobatan kelebihan darah memerlukan penyadapan darah (bekam).

Jika kelebihan berasal dari ketiga unsur lainnya, pengobatannya adalah dengan melembutkan tinja sebagai penjagaan untuk masing-masing penyakit. Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam kita ingin menyampaikan bahwa madu digunakan sebagai laksatif (pencahar) dan bekam (hijamah) digunakan untuk menyadap (membersihkan) darah.

Demikianlah sedikit gambaran mengenai aturan menempatkan makanan yang baik. Imam Ibnul Qoyyim rohimahuLLOOH menceritakan bahwa ada salah seorang 'Ulama Salaf yang melihat seorang lelaki membeli barang yang jelek kualitasnya. 'Ulama tadi berkata, "Jangan lakukan itu. Tidakkah engkau mengetahui bahwa ALLOH mencabut keberkahan dari segala barang yang jelek?" WALLOOHU a'lam.

(Joko/tb/berbagai sumber)

===

Maroji':
Tabloid Bekam Edisi 16/ Tahun 3/ 2013.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Software islami ensiklopedi hadits kitab 9 imam berisi kumpulan hadits dan terjemah

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog