Skip to main content

Kolesterol: si sahabat baik

Pernahkah manusia menyadari bahwa ia memiliki sahabat yang selalu membantunya terhindar dari kematian? Tanpa disadari, sahabat baik ini senantiasa menolong manusia dari kesulitan bernafas, pelindung terdepan ketika tubuh diserang bahaya, bahkan rela membantu membersihkan makanan yang tak dapat dibersihkan oleh siapa pun. Sahabat itu bernama kolesterol.

Kolesterol atau dalam bahasa Inggris disebut Cholesterol adalah serapan dari bahasa Yunani, Chol yaitu bile berarti empedu dan sterol turunan stereos, artinya padat. Sterol adalah salah satu jenis dari kelompok alkohol steroid. Sementara kata "chol" akan menjelaskan silsilah, peran dan nasib sang kolesterol.

Asal usul kolesterol adalah senyawa yang bernama asetil CoA (baca: Asetil Coenzim A), dimana banyak cara bagi tubuh membentuk senyawa tersebut. Pencernaan glukosa (zat gula sederhana), asam lemak, hingga beberapa jenis asam amino (unsur pembentuk protein) dapat menghasilkan senyawa Asetil CoA.

Namun dari ketiga senyawa, yang mendapat perhatian khusus dalam kajian biokimia adalah pembentukan asetil CoA dari pencernaan gula dan lemak. Gula yang dikonsumsi akan dipecah menjadi glukosa dan selanjutnya membentuk senyawa antara yang bernama piruvat, kemudian dengan bantuan enzim, piruvat akan menghasilkan asetil CoA.

Asetil CoA dapat diubah menjadi banyak senyawa akhir melalui roda siklus asam sitrat, dari siklus reaksi yang sangat rumit inilah kemudian kolesterol lahir sebagai salah satu hasil akhirnya.

Lengkapnya asetil CoA membentuk inti steroid terlebih dahulu dalam empat langkah. Setelah terbentuk inti steroid maka terjadi banyak reaksi sampai akhirnya terbentuklah kolesterol. Kebanyakan produksi kolesterol terjadi di sel hati, walaupun usus, bagian luar kelenjar adrenal, dan kelenjar gonad atau juga ari-ari (ketika masa kehamilan) membuat kolesterol dalam jumlah yang berarti.

Kolesterol diperlukan untuk membentuk selaput dinding sel. Kelenjar gonad menggunakan kolesterol untuk bahan baku hormon steroid sex. Selain itu kolesterol juga berfungsi sebagai bahan awal untuk membentuk vitamin D dan sebagai bahan surfaktan di paru-paru yang menurut laman pemberitaan milik University of South Australia (11/04/08) kolesterol adalah elemen penting bagi fungsi paru-paru yang sehat.

===

Maroji':
Tabloid Bekam Edisi 16/ Tahun 3/ 2013.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Software islami ensiklopedi hadits kitab 9 imam berisi kumpulan hadits dan terjemah

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog