Skip to main content

Peringatan!

Melanjutkan apa yang telah lalu tentang penjelasan kedudukan tinggi dari al-Hafizh Ibnu Hajar rohimahuLLOOH dan yang terhitung sebagai 'Ulama besar Islam dengan sebenarnya dan seputar kitabnya al-Fat-h yang merupakan salah satu referensi Islam yang mu'tabar, serta kemudahan yang diberikan ALLOH untuk memperingatkan dari beberapa kekeliruan yang ada di dalamnya.

Sesungguhnya tidaklah boleh, baik menurut agama maupun muru'ah untuk menodai ketinggian kedudukan 'ilmu al-Hafizh Ibnu Hajar rohimahuLLOOH atau merendahkan hasil kerja dan kebesarannya. Beliau rohimahuLLOOH adalah seorang mujtahid yang telah menguras segala kemampuannya, dan tidak akan terlepas dari salah satu dari dua macam pahala sebab rohmat ALLOH 'Azza wa Jalla. Adapun kebaikan-kebaikan beliau di dalam kitabnya menutupi dan menebus semua kesalahannya. Al-Hafizh adalah orang yang sangat kita cintai, akan tetapi kebenaran dan 'aqidah lebih kita cintai lagi sebab dialah tempat ikatan wala' (loyalitas) dan baro' (berlepas diri).

Beliau -semoga ALLOH merohmatinya- telah diberikan keutamaan oleh ALLOH dengan hasil bahasan yang banyak dan beragam, kitab yang tebal, dan kebesaran jiwa yang mulia. Hanya saja beliau banyak menukilkan ungkapan dari para pensyaroh yang mengandung kesalahan dalam 'aqidah tanpa memberi ta'liq (komentar) kecuali pada sedikit tempat... Namun, bagaimanapun juga, aku berlepas diri kepada ALLOH dari menyangka tentang beliau bahwa beliau sengaja menyalahi haq (kebenaran) atau sengaja mengikuti lawannya kebatilan. Ini adalah taqdir ALLOH dan apa saja yang DIA kehendaki maka pasti DIA lakukan. Dan:

"Segala puji bagi ALLOH yang memberikan kita hidayah kepada ini, tidaklah kita bisa mendapatkan hidayah andai ALLOH tidak memberikan kita hidayah. Sungguh Rosul-rosul ROBB kita telah datang dengan yang haq."
(Qur-an Suroh al-A'rof: ayat 43)

Makanya, aku umumkan bahwa aku tidak membolehkan seseorang untuk mengambil sesuatu dari kitab peringatan ini sebagai alat untuk menyerang al-Hafizh Ibnu Hajar rohimahuLLOOH atau mengurangi agama dan derajatnya atau menjadikan peringatan ini sebagai anak panah untuk mengkafirkan atau menuduhnya sebagai ahli bid'ah. Aku -alhamduliLLAH dan dengan taufiq ALLOH- tidak memaksudkan menulis kitab ini untuk hal itu dan tidak pula untuk mengurangi derajat beliau. Ini tidak lain sebagai empati kepada al-Hafizh dan kitabnya, juga kepada ALLOH, Rosul-NYA, dan seluruh kaum Muslimin, untuk menyempurnakan pemberian faedah, serta ghiroh akan 'aqidah dan membelanya. Cukuplah ALLOH bagi kita, dan DIA-lah sebaik-baik Pelindung, serta tidak ada daya dan upaya melainkan dengan ALLOH Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.

===

Maroji':
Kitab: Peringatan atas Kesalahan 'Aqidah dalam Fat-hul Bari, Penulis: Syaikh 'Ali bin 'Abdul 'Aziz bin 'Ali asy-Syibil, Penerbit: Darul Wathon dan Darusy Syibil - Riyadh, Cetakan II, 1422 H/ 2001, Penerjemah: Abu Ismail Fuad Lc, Penerbit: Pustaka al-Haura' - Jogjakarta, Cetakan I, 1426 H/ 2005 M.

===

Software islami ensiklopedi hadits kitab 9 imam berisi kumpulan hadits dan terjemah

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

BISNIS PULSA
http://www.pulsagram.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog