Lalu bagaimana keefektifannya untuk menyembuhkan penyakit badan? Pengobatan ala Nabi tidak tepat kecuali untuk badan-badan yang bagus, yang bersih, sebagaimana penyembuhan al-Qur-an tidak cocok kecuali hanya untuk jiwa-jiwa yang bagus, bersih dan hidup. Manusia yang berpaling dari pengobatan ala Nabi sama dengan keberpalingan mereka dari penyembuhan dengan al-Qur-an, yang merupakan kesembuhan sangat bermanfaat. Keterbatasan ini tidak terletak pada obat itu sendiri, tapi karena kekotoran tabi'at, kerusakan obyek yang hendak diobati dan penolakannya. (8)
Pengobatan ala Nabi adalah apa yang digunakan Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, apa yang Beliau perintahkan, apa yang Beliau anjurkan, dan apa yang Beliau larang untuk menyalahinya. Marilah kita simak penuturan Ibnul Qoyyim rohimahuLLOOH tentang pengobatan para Nabi berikut ini:
Di antara berbagai macam obat-obatan yang dapat menyembuhkan penyakit, yang dapat ditangkap akal para pakar ahli pengobatan, yang tidak terkejar oleh 'ilmu, analisis dan eksperimen mereka, adalah jenis obat-obat hati, rohani, kekuatan hati, penyandaran kepada ALLOH, kembali dan tawakkal kepada-NYA, merendah dan pasrah di hadapan-NYA, shodaqoh, do'a, taubat, istighfar, berbuat baik kepada makhluq, membantu orang yang kekurangan dan mengenyahkan kesusahan orang lain.
Obat-obatan semacam ini sudah pernah dipraktikkan berbagai ummat dengan berbagai agama dan keyakinannya, yang ternyata mereka mendapatkan pengaruh yang sangat kuat untuk penyembuhan, yang tidak dapat dicapai pengetahuan pakar pengobatan yang paling pakar sekalipun, tidak pula eksperimen dan analisisnya. (9)
Sesungguhnya Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam telah menunjuki kita berbagai macam obat, mengajarkan kepada kita beberapa jalan yang dapat diambil manfaatnya, hingga dapat menyembuhkan dengan seizin ALLOH, selagi kita mengikuti kalimat-kalimatnya dalam masalah pengobatan. Itulah pengobatan yang Beliau lakukan, lalu Beliau menjelaskannya kepada orang lain, menyuruh dan menganjurkannya, yang di dalamnya terkandung hikmah, yang justru tidak dapat dijangkau akal para pakar pengobatan.
Ibnul Qoyyim rohimahuLLOOH juga berkata, "Membandingkan para pakar pengobatan dengan pengobatan Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, sama dengan membandingkan pengobatan orang-orang yang lemah dengan pengobatan mereka. Para pemuka mereka pun sudah mengakui hal ini."
===
(8) Kitab ath-Thibb an-Nabawi, Imam Ibnu Qoyyim al-Jauziyah, halaman 11-12.
(9) Kitab ath-Thibb an-Nabawi, Imam Ibnu Qoyyim al-Jauziyah, halaman 11-36.
===
Maroji':
Kitab: asy-Syifa' min Wahyi Khotamil Anbiya', Penulis: Aiman bin 'Abdul Fattah, Penerbit: Darush Shohifah, Cetakan I, 1425 H/ 2004 M, Judul terjemahan: Pengobatan dan penyembuhan menurut wahyu Nabi, Penerjemah: Kathur Suhardi, Penerbit: Pustaka as-Sabil - Jakarta, Cetakan IV, 1426 H/ 2005 M.
Judul terjemahan: Keajaiban Thibbun Nabawi, bukti ilmiah dan rahasia kesembuhan dalam pengobatan Nabawi, Penerjemah: Hawin Murtadlo, Penerbit: al-Qowam - Surakarta, Cetakan VIII, 2012 M.
===
===
Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com
===
BISNIS PULSA
http://www.pulsagram.com
===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT