Skip to main content

Bekam titik empedu

Ada berbagai jenis lipoprotein, tetapi ada dua yang paling melimpah, yaitu low density lipoprotein (LDL) dan high density lipoprotein (HDL). Fungsi utama LDL adalah untuk mengangkut kolesterol dari hati ke jaringan hingga dapat dimasukkan ke dalam membran sel. Sementara HDL membawa kolesterol tua yang telah dibuang oleh sel kembali ke hati untuk didaur ulang atau dibuang.

LDL mengandung lebih banyak lemak daripada HDL, sehingga ia akan mengembangkan di dalam darah. Protein utama yang membentuk LDL adalah apo-B (apolipoprotein-B). Protein utama yang membentuk HDL adalah apo-A (apolipoprotein-A). HDL ini memiliki kandungan lemak lebih sedikit dan berkepadatan tinggi.

Kelebihan kolesterol akan diangkut kembali oleh liporprotein jenis HDL untuk dibawa kembali ke hati yang selanjutnya akan diuraikan lalu dibuang ke dalam kandung empedu sebagai asam (cairan) empedu.

Berkaitan dengan arterosklerosis, atau pengerasan pada dinding pembuluh darah maka yang harus diperhatikan adalah terjadinya kerusakan pada endotel. Sel endotel adalah penyusun bagian sebelah dalam dari pembuluh darah yang berbentuk menyerupai pipa.

Penyebab kerusakan endotel digolongkan menjadi dua faktor, yaitu endogenus dan eksogenus. Faktor eksogenus bisa berupa semua mikroorganisme atau antigen yang dapat menembus pembuluh darah. Respon tubuh akan mengaktifkan sistem imun untuk mengangkal dan sekaligus membunuh mikroorganisme. Kadang kala respon terjadi berlebihan, atau sering disebut hipersensitifitas yang cenderung merugikan tubuh inangnya. Respon sel fagosit akan segera diikuti aktivitas makrofag dan sel-sel radang.

Sementara faktor endogenus adalah semua faktor dari dalam tubuh, baik secara langsung maupun tak langsung yang dapat merusak endotel. Maka kerusakan endotel dapat terjadi, bukan karena peningkatan kolesterol dalam darah, tetapi karena kondisi fisiologis yang merusak atau melemahkan struktur dinding arteri. Faktor-faktor yang mempengaruhi adalah kekurangan gizi, kontrol glikemik yang buruk, merokok, homosistein, stress psikologis, penurunan oksida nitrat, kadar zat besi yang tinggi, infeksi mikroba, diet asam lemak, dan asupan karbohidrat berlebih.

Secara teori LDL yang menembus dinding pembuluh darah melalui lapisan sel endotel akan terjerembab ke dalam intima. Selanjutnya LDL mengalami oksidasi tahap pertama sehingga akan memacu terbentuknya zat yang dapat melekatkan dan menarik monosit (salah satu jenis sel darah putih) menembus lapisan endotel, lalu ikut masuk ke dalam intima.

===

Maroji':
Tabloid Bekam Edisi 16/ Tahun 3/ 2013.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Sembilan kitab hadits dalam Satu software
Cinta Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam?
Gali pesan Beliau di software ini
Software hadits digital berisi sembilan kitab hadits dengan terjemah. Disertai berbagai fitur yang menarik.
Cocok untuk ustadz, pelajar, dan umum
http://lidwa.com

===

BISNIS PULSA
Harga voucher pulsa SANGAT MURAH !
Biaya registrasi GRATIS tanpa dipungut biaya apa pun
Biaya SMS reply Rp 0,- ( GRATIS )
Jumlah nominal deposit pulsa BEBAS tanpa ada minimal jumlah deposit
Transaksi pulsa ONLINE 24 jam sehari NONSTOP
Tidak ada target penjualan
http://www.pulsagram.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog