Skip to main content

Isteri yang ideal yang menetap di dalam rumahnya: membantu suami dalam kebaikan

Isteri yang ideal yang menetap di dalam rumahnya

Membantu suami dalam kebaikan

Di antara ciri wanita yang sholihah dan ideal adalah mau membantu suami dalam kebaikan menurut kemampuannya. Dia menganjurkan suami agar berbuat baik kepada kedua orangtuanya, sebab dia mengetahui firman ALLOH,


"Dan KAMI perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah dan melahirkannya dengan susah payah pula."
(Qur-an Suroh al-Ahqof: ayat 15)

Dia mencintai ibu mertuanya, memanggilnya dengan sebutan yang paling disukainya, tidak meremehkan untuk mengucapkan salam kepadanya, membantunya dalam menangani pekerjaan rumah, kalau perlu membebaskannya dari pekerjaan rumah tangga. Tindakan seperti ini bisa menanamkan kesenangan di hati suami dan menggembirakannya.

Bapak mertuanya juga mempunyai hak yang besar. Seorang isteri bisa membantu suami dalam melaksanakan hak ini. Dalam hal ini dia tidak meremehkan dalam mengucapkan perkataan-perkataan yang baik dan tindakan yang dapat menyenangkan bapak mertuanya, seperti menyiapkan makanan dan minuman yang disenanginya, mencuci pakaiannya dan merapikannya.

Seperti apapun keadaannya, isteri tidak boleh menjadi sebab kedurhakaan suami terhadap orangtuanya. Tatkala sedang berdua bersama suami, dia berkata kepadanya karena didorong ketidaksenangan kepada mereka berdua, "Bapakmu berkata begini dan begitu, ibumu juga berkata begini dan begitu. Lalu bagaimana sekarang?"

Dalam keadaan seperti itu, apakah suami akan menuruti isterinya dan mengerjakan masalah remeh seperti yang dikehendakinya, lalu dia memutuskan apa yang diperintahkan ALLOH untuk menyambungnya dan durhaka terhadap orangtuanya, agar hubungan dengan isterinya tetap utuh? Apakah dia menelantarkan anak-anak hanya karena menuruti kemauan isteri yang tidak memahami agama?

Tidak sedikit rumah tangga yang berantakan karena sifat isteri yang buruk seperti ini.

Isteri yang ideal dan sholihah juga membantu suami untuk menguatkan hubungan kekerabatan dengan saudara-saudaranya. Jabir bin 'Abdillah rodhiyaLLOOHU 'anhu beruntung mendapat barokah dari Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, karena dia menikahi wanita yang sanggup membantunya mengurusi saudari-saudarinya, setelah orangtuanya meninggal dunia.

Menyambung tali kekerabatan dan persaudaraan bisa dilakukan dengan berbuat baik kepada mereka, membantu mereka jika membutuhkan pertolongan, ikut bergabung dalam kesenangan mereka, ikut berduka jika mereka berduka, mengunjungi dan memberikan hadiah kepada mereka.

Orang Muslim dianjurkan untuk melaksanakan hal-hal ini meskipun terhadap kerabat jauh, terlebih lagi terhadap kerabat-kerabatnya yang dekat. Seorang isteri yang ideal dapat membantu suami dalam melaksanakannya.

===

Maroji':
Kitab: az-Zaujatul Mistsaliyyah, Penulis: Khoulah binti 'Abdul Qodir Darwis, Penerbit: Darul Muhammadi lin Nasyr wat Tauzi', Cetakan 1, 1415 H, Judul terjemahan: Isteri yang ideal, Penerjemah: Kathur Suhardi, Penerbit: Darul Falah - Bekasi, Cetakan IX, 1432 H.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Kios Tas, Sepatu, Jaket, Baju, dll
http://SahlaAgency.blogspot.com

===

Sembilan kitab hadits dalam Satu software
Cinta Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam?
Gali pesan Beliau di software ini
Software hadits digital berisi sembilan kitab hadits dengan terjemah. Disertai berbagai fitur yang menarik.
Cocok untuk ustadz, pelajar, dan umum
http://lidwa.com

===

BISNIS PULSA
Harga voucher pulsa SANGAT MURAH !
Biaya registrasi GRATIS tanpa dipungut biaya apa pun
Biaya SMS reply Rp 0,- ( GRATIS )
Jumlah nominal deposit pulsa BEBAS tanpa ada minimal jumlah deposit
Transaksi pulsa ONLINE 24 jam sehari NONSTOP
Tidak ada target penjualan
http://www.pulsagram.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog