Skip to main content

Anak-anak Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam

Anak-anak Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam (62)

Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam memiliki tiga anak laki-laki:

- al-Qosim, dengannyalah Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam diberi kun-yah. Ia dilahirkan sebelum kenabian, dan meninggal saat berusia dua tahun.

- 'Abdulloh, disebut juga ath-Thoyyib dan ath-Thohir. Karena ia dilahirkan setelah kenabian, ada yang berpendapat, ath-Thoyyib dan ath-Thohir bukanlah 'Abdulloh, tapi yang benar adalah pendapat yang pertama.

- dan yang ketiga adalah Ibrohim. Ia dilahirkan di Madinah pada tahun delapan dari hijrahnya Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, dan meninggal di sana pada tahun sepuluh, saat ia berusia 17 bulan atau 18 bulan.

Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam memiliki empat putri:

- Zainab, yang dinikahi oleh Abu al-'Ash bin ar-Robi' bin 'Abdul 'Uzza bin 'Abdu Syams, yaitu anak bibinya. Ibunya bernama Halah binti Khuwailid.

- Fathimah, yang dinikahi oleh 'Ali bin Abi Tholib.

- Ruqoyyah dan Ummu Kultsum, yang keduanya dinikahi oleh 'Utsman bin 'Affan. Ia menikahi Ruqoyyah, kemudian Ummu Kultsum, dan keduanya wafat di sisinya. Karena itu, ia disebut Dzun Nuroin (yang memiliki dua cahaya). Ruqoyyah meninggal pada peristiwa Badar di bulan Romadhon tahun dua hijriah. Sementara Ummu Kultsum meninggal pada bulan Sya'ban pada tahun sembilan Hijriah.

Jadi, putri Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam ada empat tanpa ada perbedaan pendapat, sedangkan putra Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam ada tiga menurut pendapat yang shohih.

Anak yang mula-mula dilahirkan untuk Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam adalah al-Qosim, kemudian Zainab, kemudian Ruqoyyah, kemudian Ummu Kultsum, kemudian Fathimah. Diriwayatkan bahwa Fathimah lebih tua usianya daripada Ummu Kultsum. Hal itu disebutkan oleh 'Ali bin Ahmad bin Sa'id bin Hazm Abu Muhammad al-Hafizh. Kemudian dalam Islam terlahir 'Abdulloh di Makkah, kemudian Ibrohim di Madinah. Mereka semua terlahir dari Khodijah, kecuali Ibrohim karena ia berasal dari Mariah al-Qibthiyyah. Mereka semua meninggal sebelum Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam wafat, kecuali Fathimah, karena ia masih hidup enam bulan sepeninggal Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, menurut pendapat yang paling shohih lagi paling masyhur.

===

(62) Lihat kitab Tasmiyyah Azwaajin Nabi wa Aulaadih, Abu 'Ubaidah Ma'mar bin al-Mutsanna.

===

Maroji':
Kitab: Tahdziibus Siroh an-Nabawiyyah, Penulis: Imam Yahya bin Syarof an-Nawawi, Penta'liq dan Pentakhrij: Abu 'Abdirrohman Kholid bin 'Abdirrohman bin Hamd asy-Syayi', Penerbit: Darush Shumay'i, Judul terjemah: Siroh Nabi Muhammad shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam ringkas, mudah dan akurat, Penerjemah: Akhmad Syaikhu, Penerbit: Pustaka Ibnu 'Umar, Cetakan II, 1434 H/ 2013 M.

===

Software islami ensiklopedi hadits kitab 9 imam berisi kumpulan hadits dan terjemah

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

BISNIS PULSA
http://www.pulsagram.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog