Skip to main content

Herbal pelancar kolesterol (6)

Mendinginkan dan mengencerkan darah

Kadang permasalahan penyakit pembuluh darah diawali akibat kentalnya darah atau karena tabi'at yang terlampau panas dan inflamasi sehingga rentan menimbulkan peradangan, oleh sebab itu, apabila hal itu terjadi dapat dilakukan dengan pendinginan liver maupun penurunan viskositas darah. Talbinah dan sakanjabin adalah contoh herbal yang mendinginkan dan meringankan peradangan. Di sisi lain sakanjabin serta bawang putih dapat berfungsi untuk mengencerkan darah.

Sya'ir

Jelai dikenal juga dengan nama barley atau hordeum vulgare. Disebutkan dalam kitab ath-Thibbun Nabawi bahwasanya jelai bersifat dingin dan kering pada tingkatan pertama.

Dalam jurnal yang berjudul "Useful Medicinal Flora Enlisted In Holy Quran and Ahadith" disebutkan jelai bermanfaat untuk pengobatan demam, kelemahan, meningkatkan imunitas, luka usus, penyakit kuning dan berefek mendinginkan.

Adapun penggunaan sya'ir dapat dibuat sajian talbinah atau maa al-sya'ir (tajin jelai). Dari 'Aisyah rodhiyaLLOOHU 'anhuma, "Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam apabila keluarganya (isterinya) kurang sehat (seperti demam) Beliau memerintahkan membuat sup dari tepung sya'ir lalu dibuatkanlah untuk mereka."
(Hadits Riwayat Imam Ibnu Majah)

Menurut Imam adz-Dzahabi rohimahuLLOOH tajin jelai bermanfaat untuk batuk dan serak, melegakan perut, menghentikan rasa haus, mengatur panas dan menguraikannya.

Imam Ibnul Qoyyim rohimahuLLOOH mengutarakan bahwa untuk membuat maa al-sya'ir (tajin jelai) adalah dengan mengambil jelai yang telah menjadi tepung halus, lalu dimasukkan ke dalam panci bersama lima bagian air (1:5) dan dimasak dengan api sedang hingga tersisa seperlimanya. Setelah itu air disaring, lebih baik jika ditambahkan setengah bagian madu lalu dikonsumsi.

Sementara untuk membuat talbinah yaitu dengan menggunakan 2-3 sendok makan tepung yang dimasak bersama 250 ml susu murni dalam wajan dengan api sedang. Aduk perlahan selama kurang lebih 10-15 menit dan setelah matang, yaitu membentuk bubur putih bisa dituang ke dalam mangkuk lalu diamkan hingga hangat untuk memperbaiki rasa sebaiknya talbinah ditambahkan madu sesuai selera.

Dari 'Aisyah rodhiyaLLOOHU 'anhuma: "Hendaklah kalian mengkonsumsi makanan yang mungkin kurang enak tetapi bermanfaat, yakni talbinah."
(Hadits Riwayat Imam Abu Dawud)

Ulasan lengkap mengenai talbinah dan jelai dapat dibaca Tabloid Bekam edisi 5 (Dzikir obat mujarab darah tinggi).

===

Maroji':
Tabloid Bekam Edisi 16/ Tahun 3/ 2013.

===


Software islami ensiklopedi hadits kitab 9 imam berisi kumpulan hadits dan terjemah

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

BISNIS PULSA
http://www.pulsagram.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog