Skip to main content

Akhlaq isteri yang ideal: Menjauhi akhlaq-akhlaq yang buruk

Akhlaq isteri yang ideal

Menjauhi akhlaq-akhlaq yang buruk

Sepuluh keburukan yang mendatangkan kemuraman, kesusahan dan menghambat kelangsungan hidup. Mana mungkin ada akhlaq yang buruk, yang bisa menciptakan kebahagiaan, kedamaian dan ketenangan di dalam rumah tangga? Rumahnya tentu akan selalu guncang dihembus angin dan nafsu, seperti perkataan yang tak terkontrol, tipu daya, pembocoran rahasia dan akhlaq-akhlaq yang buruk lainnya yang harus dihindari wanita.

Janganlah engkau banyak berbicara, karena banyak bicara itu, apalagi membicarakan orang lain dan mencari-cari kesalahannya hanya akan menghabiskan waktu, bisa menimbulkan salah paham dan merusak jiwa.

Dari al-Mughiroh bin Syu'bah rodhiyaLLOOHU 'anhu, dari Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, Beliau bersabda,
"Sesungguhnya ALLOH mengharomkan atas kalian mendurhakai ibu, mengubur anak-anak putri secara hidup-hidup, mencegah seseorang memberikan hartanya kepada orang lain, dan DIA membenci bagi kalian kata-mengkatai, banyak bertanya, menghambur-hamburkan harta."
(Hadits Riwayat Imam al-Bukhori)

Meskipun kebencian karena hal-hal ini ditujukan kepada semua orang, tetapi kebenciannya jauh lebih layak ditujukan kepada para ibu rumah tangga, jika mereka melakukannya. Berapa banyak benih pemutusan hubungan antara keluarga dan teman disebabkan oleh perkataan yang berlebih-lebihan?

Isteri yang sholihah tentu menjauhi hal-hal yang berlebih-lebihan dan ikut campur dalam perkara-perkara yang tidak ada manfaatnya. Boleh jadi suaminya mempunyai kecenderungan khusus atau kondisi-kondisi tertentu yang tidak ingin diketahui orang lain, sekalipun orang yang paling dekat dengannya. Dalam hal ini, isteri tidak perlu memaksakan diri untuk mengetahuinya. Disebutkan dalam sebuah hadits,

"Di antara tanda kebaikan ke-Islaman seseorang ialah meninggalkan apa yang tidak dibutuhkannya."
(Hadits Riwayat Imam at-Tirmidzi)

Isteri yang ideal adalah wanita Muslimah yang memperhatikan adab, sebagaimana yang diserukan Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam. Dia tidak perlu memaksakan diri untuk mengetahui segala sesuatu, agar tidak menimbulkan kesan di dalam sanubari suami, bahwa dia hanya sekedar sebagai beban berat dan pendamping yang merepotkan. Dia juga tidak boleh memperdengarkan kepada pendengaran suami, kecuali yang layak untuk didengarkan.

"Cukuplah dosa bagi seseorang, jika dia membicarakan segala apa yang didengarnya."
(Hadits Riwayat Imam Muslim)

Dia menjaga lidahnya dari perkataan yang tidak karuan, apalagi perkataan tak layak yang bisa menyebabkan perpecahan, sementara dia juga membaca al-Qur-an,

"Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam sholatnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tidak berguna."
(Qur-an Suroh al-Mu'minun: Ayat 1-3)

Dia lebih banyak membelenggu lidahnya, tidak berbicara kecuali yang bermanfaat. Sehingga sikap diamnya itu membangkitkan keseganan dan kecintaan orang lain kepadanya. Dengan sikap ini pula dia terpelihara dari kesalahan, rumahnya terjaga dari berbagai problem, sehingga suaminya menjadi tenang sebagaimana yang dikehendaki ALLOH dan dia bisa menempatkan diri pada kedudukannya yang layak di sisi suami.

Sedangkan isteri yang suka membuka rahasia dan banyak bicara, berarti dia menghukumi suaminya dan tidak mau menghukumi dirinya sendiri. Dia mengotori masyarakat dengan gambaran rumah tangganya.

Banyak bicara merupakan pangkal munculnya perangai buruk. Sebab pelakunya banyak melanggar hal-hal yang tidak layak. Berapa banyak orang yang menelungkupkan mukanya ke Neraka Jahannam karena perkataan yang tergelincir.

===

Maroji':
Kitab: az-Zaujatul Mistsaliyyah, Penulis: Khoulah binti 'Abdul Qodir Darwis, Penerbit: Darul Muhammadi lin Nasyr wat Tauzi', Cetakan 1, 1415 H, Judul terjemahan: Isteri yang ideal, Penerjemah: Kathur Suhardi, Penerbit: Darul Falah - Bekasi, Cetakan IX, 1432 H.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Kios Tas, Sepatu, Jaket, Baju, dll
http://SahlaAgency.blogspot.com

===

Sembilan kitab hadits dalam Satu software
Cinta Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam?
Gali pesan Beliau di software ini
Software hadits digital berisi sembilan kitab hadits dengan terjemah. Disertai berbagai fitur yang menarik.
Cocok untuk ustadz, pelajar, dan umum
http://lidwa.com

===

BISNIS PULSA
Harga voucher pulsa SANGAT MURAH !
Biaya registrasi GRATIS tanpa dipungut biaya apa pun
Biaya SMS reply Rp 0,- ( GRATIS )
Jumlah nominal deposit pulsa BEBAS tanpa ada minimal jumlah deposit
Transaksi pulsa ONLINE 24 jam sehari NONSTOP
Tidak ada target penjualan
http://www.pulsagram.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog