Skip to main content

Membersihkan pakaian yang terkena darah haidh

Cara membersihkan macam-macam najis yang telah dijelaskan oleh nash

1) Membersihkan pakaian yang terkena darah haidh.

Yaitu dengan mengerik dan menggosoknya, lalu mengeriknya dengan ujung jari-jari agar lepas dan hilang, kemudian mencucinya dengan air. Dasarnya adalah hadits Asma' binti Abu Bakar rodhiyaLLOOHU 'anhuma, ia berkata: Seorang wanita datang menemui Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, lalu bertanya, "Wahai Rosululloh, salah seorang dari kami pakaiannya terkena darah haidh. Apa yang harus dilakukannya?" Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda, "Engkau mengeriknya, lalu menguceknya dengan air, kemudian memercikinya, kemudian silakan engkau gunakan untuk sholat." (102)

Dan juga hadits dari 'Aisyah rodhiyaLLOOHU 'anhuma, ia berkata, "Salah seorang dari kami mengalami haidh. Kemudian ia membersihkan darah dari pakaiannya ketika ia telah suci. Ia mencuci dan membersihkan semua bagiannya, kemudian ia gunakan untuk sholat." (103)

Jika seorang wanita ingin memakai wewangian atau sejenisnya untuk menghilangkan darah tersebut, atau mencucinya dengan air dan sabun atau pembersih lainnya, maka itu lebih baik. Berdasarkan hadits Ummu Qois binti Mahshon, ia berkata, "Aku bertanya kepada Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam tentang darah haidh yang ada pada pakaian, maka Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda, 'Keriklah dengan kayu, lalu cucilah dengan air dan daun bidara." (104)

===

(102) Shohih, diriwayatkan oleh Imam al-Bukhori dan Imam Muslim 291.

(103) Shohih, diriwayatkan oleh Imam al-Bukhori 308, dan Imam Ibnu Majah 630.

(104) Hasan, diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud 363, Imam an-Nasa-i 1/195, dan Imam Ibnu Majah 268.

===

Maroji':
Kitab: Shohih Fiqh as-Sunnah, wa adillatuhu wa taudhih madzahib al-a'immah, Penulis: Abu Malik Kamal bin as-Sayyid Salim, Penerbit: Maktabah at-Taufiqiyah, Kairo - Mesir, Cetakan 1424 H/ 2003 M, Judul terjemah: Shohih Fiqih Sunnah Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka at-Tazkia, Jakarta, Cetakan IV, 1430 H/ 2009 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Software islami ensiklopedi hadits kitab 9 imam berisi kumpulan hadits dan terjemah

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog