Skip to main content

Muqoddimah

Segala puji bagi ALLOH. Kami memuji-NYA, memohon pertolongan dan ampunan-NYA. Kami berlindung kepada ALLOH dari kejahatan diri kami dan keburukan 'amal usaha kami. Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh ALLOH, maka tidak ada yang dapat menyesatkannya, dan barangsiapa yang disesatkan oleh ALLOH, maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk.

Aku bersaksi bahwa tidak ada Ilah yang berhak di'ibadahi dengan benar melainkan ALLOH semata, tidak ada sekutu bagi-NYA, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam adalah hamba dan Rosul-NYA. Semoga sholawat dan salam terlimpah kepadanya, keluarganya dan para Shohabatnya, serta siapa saja yang mengikuti petunjuknya hingga hari Pembalasan.

Amma ba'du:

Sejarah manusia, sejak zaman bapak kita Nabi Adam 'alayhis salam, tidak pernah mendapatkan perhatian, penelitian, uraian detil, dan kodifikasi sebagaimana yang didapat oleh siroh Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, Muhammad bin 'Abdillah. Hal itu tidak aneh, karena Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam adalah pemimpin manusia semuanya dan sebaik-baik makhluq.

Para 'Ulama Muslimin silih berganti, dari satu generasi ke generasi lainnya, menaruh perhatian terhadap kehidupan dan siroh Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, serta mengemukakannya kepada ummat dengan jelas lagi terang. Mereka menempuh berbagai metode untuk menulis siroh Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, ada yang membahasnya secara luas dan panjang lebar, ada pula yang membahasnya secara ringkas.

Di hadapan kau -saudaraku sesama Muslim- ada mahkota berharga dari perbendaharaan-perbendaharaan salaf yang diambil oleh Imam Yahya bin Syarof an-Nawawi rohimahuLLOOH, dimana ia menulis biografi Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam yang menghimpun antara peringkasan dan kelengkapan yang mencakup semua sifat-sifat dan sirohnya. Ia memilih dari siroh Rosul shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam apa yang bisa dianggap sebagai pengantar dari studi siroh Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, sehingga karya ini, bagi pengajar dan penuntut 'ilmu, menjadi kaidah pengetahuan yang dari sela-selanya bisa dibaca kehidupan Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam secara global.

Dengan harapan, menjadi titik tolak untuk menguasai berbagai aspek dari 'ilmu ini: 'ilmu siroh. Keistimewaan yang menjadikan buku ini memiliki kedudukan seperti ini, yaitu:

1. Buku ini memiliki keistimewaan karena ringkas tapi mencakup seluruhnya secara global, dimana buku ini berisi sekelumit sifat-sifat dan siroh Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam yang semestinya setiap Muslim membacanya, atau tidak ada udzur untuk tidak mengetahuinya.

2. Metodenya sederhana tapi kuat dalam mengemukakan kehidupan dan siroh Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam.

3. Pengarangnya adalah Imam muhaqqiq yang memiliki sumbangsih yang luas dalam berkhidmat terhadap Sunnah Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam dan memperhatikannya. Hal itu berdasarkan kesaksian 'Ulama terhadapnya, yang menjadikan ucapan-ucapannya, koreksinya, dan tarjihnya mendapatkan perhatian serta diperhitungkan di kalangan 'Ulama.

Ini adalah sebagian keistimewaan dari kajian yang bermutu tentang siroh Nabi ini. Maka, sudah sepatutnya bagi penuntut 'ilmu pemula dan orang yang mencintai pengetahuan tentang kehidupan Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, untuk menjadikan kajian ini sebagai pengantar dan patokan bagi 'ilmunya mengenai siroh Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam.

Demikian pula kajian ini sebagai diktat bagi orang yang 'alim, bahan pelajarannya, kecermatan 'ilmu dan tawajjuhnya.

Buku ini asalnya terdapat pada tulisan Imam an-Nawawi dalam bukunya, Tahdziib al-Asmaa' wal Lughoot. Ia menjadikannya sebagai muqoddimah kitabnya untuk memuliakan kitab tersebut dengan menyebutkan siroh Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam.

Kitab Tahdziibul Asmaa' wal Lughoot dicetak di Idaroh ath-Thiba'ah al-Muniriyyah, Mesir.

Namun, di dalamnya banyak kekeliruan dan kesalahan cetak. Kemudian Darus Salam al-'Alamiyyah Mesir (1) memisahkan siroh yang harum ini dalam buku tersendiri. Meskipun kekeliruan dan kesalahan cetaknya lebih sedikit daripadanya aslinya, hanya saja tidak terbebas dari banyak kekeliruan dan penyimpanan.

Dari sinilah aku sangat berkeinginan untuk menerbitkannya dengan mengoreksi secara teliti -dengan keterbatasan modal saya-.

Kepada ALLOH-lah aku memohon pertolongan dan hidayah. Setelah itu, aku menuliskan teks kitab dan mendukung pilihan pengarang untuk berdalil dengan dalil-dalil yang shohih. Jika aku menjumpai pendapat lemah yang telah diingatkan oleh para 'Ulama, maka aku mengisyaratkan hal itu, dan aku juga meneliti nama-nama para tokoh dan sebagainya. Aku mentakhrij hadits-hadits qouliyyah yang disebutkan dalam buku ini sebagian besarnya secara ringkas dan tidak memperluasnya, serta mencukupkan pada Kutubus Sittah (enam kitab hadits) secara umum karena khawatir berpanjang lebar.

Aku sengaja meringkas apa yang aku nukil dalam catatan kaki tanpa menunjukkan kesalahan cetak yang telah disebutkan sebelumnya, dan membawakan matan yang shohih dengan bersandarkan pada buku-buku 'ilmiah lainnya yang berbeda-beda. Aku mencukupkan diri dari apa yang diperlukan pembaca berupa penjelasan hal-hal yang musykil, menyampaikan dalil, mengemukakan permasalahan yang penting dan sebagainya, demi menjaga maksud penulis buku ini, yaitu memaparkan secara ringkas.

Demikianlah yang dapat aku persembahkan, dan aku memohon ampun kepada ALLOH dari kesalahan yang mana setiap orang pernah mengalaminya, kecuali siapa yang dilindungi oleh ALLOH. Segala puji bagi ALLOH yang dengan kenikmatan-NYA 'amal-'amal sholih menjadi sempurna, dan semoga sholawat dan salam senantiasa terlimpah kepada sebaik-baik orang terdahulu dan terkemudian (Nabi Muhammad shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam) serta kepada semua Nabi 'alayhimas salaam, semua keluarga mereka dan semua orang sholih. Cukuplah ALLOH bagiku dan DIA-lah Sebaik-baik Penolong.

Ditulis oleh Abu 'Abdirrohman Kholid bin 'Abdirrohman bin Hamd asy-Syayi' -semoga ALLOH mengampuninya, kedua orangtuanya, gurunya, dan orang-orang yang disayanginya-.

Kamis, 08/02/1413 H.

===

(1) Setelah aku mempersiapkan buku ini untuk dicetak, aku mendapatkan cetakan lainnya untuk buku ini, as-Siiroh an-Nabawiyyah karya Imam an-Nawawi, yang diterbitkan dari Darul Basho-ir di Damaskus tahun 1400 H dengan tahqiq 'Abdur Ro'uf 'Ali dan Bassam 'Abdul Wahhab al-Jani. Keduanya menyebutkan bahwa buku ini dicetak berdasarkan pada kitab Tahdziibul Asmaa' wal Lughoot, yang telah dicetak dua kali: Pertama, cetakan orientalis Jerman Ferdinand Westenfeld, antara tahun 1842 dan 1847. Yang kedua di Mesir, di penerbit al-Muniriyyah, di samping dua manuskrip di perpustakaan azh-Zhohiriyyah, Damaskus. Kedua muhaqqiq tersebut telah melakukan usaha besar yang tampak pada penelitiannya untuk teks buku ini dan koreksinya. Aku memetik manfaat dari usaha keduanya, yaitu dengan membandingkan kedua naskah, ternyata aku menemukan keselarasan di antara keduanya secara umum. Segala puji dan syukur bagi ALLOH, dan semoga ALLOH memberikan pahala yang besar kepada kedua muhaqqiq tersebut. Tidak lupa aku berterima kasih kepada setiap orang yang memberikan nasihat dan bimbingan kepadaku, yaitu saudara-saudaraku tercinta lagi mulia. Demikian pula aku berterima kasih kepada fadhilah Syaikh kami, Dr. Sholih as-Sadlan, atas ketersediaannya untuk mengoreksi dan memberikan pengarahan. Semoga ALLOH membalas mereka semua atas usaha mereka dan memberikan taufiq pada aku dan mereka kepada segala kebaikan. Demikian pula aku memohon kepada ALLOH semoga DIA mengumpulkan kami bersama Kekasih kami, Nabi Muhammad shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, di Surga-surga penuh kenikmatan.

===

Maroji':
Kitab: Tahdziibus Siroh an-Nabawiyyah, Penulis: Imam Yahya bin Syarof an-Nawawi, Penta'liq dan Pentakhrij: Abu 'Abdirrohman Kholid bin 'Abdirrohman bin Hamd asy-Syayi', Penerbit: Darush Shumay'i, Judul terjemah: Siroh Nabi Muhammad shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam ringkas, mudah dan akurat, Penerjemah: Akhmad Syaikhu, Penerbit: Pustaka Ibnu 'Umar, Cetakan II, 1434 H/ 2013 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog