Skip to main content

Perkataan kepada setiap orang yang sakit (5)

Wahai saudaraku yang tercinta, inilah yang dapat kami katakan kepada setiap orang yang sakit:

Kelima:

Ketahuilah bahwa berobat merupakan sebab, pengobatan merupakan sebab, begitu pula operasi, obat-obatan, semua merupakan sebab. Karena itu ia tidak akan memberikan pengaruh apa pun kecuali dengan seizin ALLOH. Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda,

"Sesungguhnya ALLOH 'Azza wa Jalla tidak menurunkan penyakit melainkan DIA juga menurunkan obatnya, yang akan diketahui siapa pun yang mengetahuinya dan tidak diketahui siapa pun yang tidak mengetahuinya. Jika suatu obat dapat menyembuhkan penyakit, maka orang yang sakit akan sembuh dengan seizin ALLOH."

Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam menyebutkan sebab-sebab kesembuhan, yaitu:

1. Pengetahuan tentang sebab obat dan cara penyembuhannya.

2. Ketepatan dalam masalah ini, dengan diketahuinya akurasi dan ketepatan diagnosis serta pemilihan obat yang tepat.

Namun syarat yang terakhir dan ini yang paling penting adalah izin ALLOH untuk menyembuhkan. Karena itulah Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam berdo'a dengan ucapan, "Ya ALLOH, ENGKAU-lah Dzat yang menyembuhkan dan tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-MU."

Engkau harus yakin wahai saudaraku, bahwa yang menyembuhkan adalah ALLOH, bukan dokter, bukan pula obat. Yang menyembuhkan adalah ALLOH. Maka hendaknya hatimu bergantung kepada ALLOH semata, bukan kepada sebab-sebab, yang membuat hatimu bergantung kepada sebab, dan akhirnya menimbulkan syirik.

Ini merupakan nasihat paling penting yang dapat kami sampaikan kepadamu. Tidak ada salahnya kamu mengambil sebab. Tapi dengan syarat agar hatimu tidak bergantung kepada sebab lalu engkau melupakan pembuat sebab, yaitu ALLOH 'Azza wa Jalla. Maka bebaskan hatimu dari kebergantungan kepada makhluq, hendaklah hatimu hanya bergantung kepada ROBB-mu. Inilah sebab kesembuhan, insya ALLOH.

Akhirnya, sebagaimana yang engkau ketahui, permulaan orang yang ber'ilmu kembali kepada alam. Mereka beranggapan bahwa penyembuhan dapat mengandalkan rumput-rumput alami atau lain-lainnya. Tapi kami mempunyai prinsip, penyembuhan adalah al-Kitab dan as-Sunnah. Dalam mengobati segala jenis penyakit harus dimulai dari al-Qur-an dan as-Sunnah, seperti yang digambarkan Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam dan yang Beliau nasihatkan, disertai dengan keyakinan terhadap dua sumber ini, hingga datang kesembuhan secara total, dan ALLOH-lah yang menyembuhkannya.

Kini di hadapan engkau ada satu buku, Ayatusy Syifa' min Wahyi Khotamil Anbiya', yang ditulis saudaraku, Aiman bin 'Abduh bin 'Abdul Fattah. Dia sudah mengerahkan segala kemampuannya dengan menukil hadits-hadits shohih. Ini merupakan usaha yang layak disyukuri. Kami berharap agar buku ini menjadi kunci pembuka pengobatan yang benar berdasarkan Sunnah pemimpin para Rosul, Muhammad shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam. Kami memohon kepada ALLOH agar berkenan memberikan petunjuk kepada kami dan kepadanya, melimpahkan keikhlasan kepada kami dan kepadanya, dalam perkataan dan perbuatan. Kami memohon kepada ALLOH agar memberikan manfaat lewat buku ini, menetapkan afiat bagi kami dan baginya, keselamatan di dunia dan di akhiroh.

Sholawat dan salam semoga dilimpahkan kepada pemimpin kita, Muhammad shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, kepada para kerabat dan Shohabat Beliau.

Muhammad bin Husain Ya'qub.

===

Maroji':
Kitab: asy-Syifa' min Wahyi Khotamil Anbiya', Penulis: Aiman bin 'Abdul Fattah, Penerbit: Darush Shohifah, Cetakan I, 1425 H/ 2004 M, Judul terjemahan: Pengobatan dan penyembuhan menurut wahyu Nabi, Penerjemah: Kathur Suhardi, Penerbit: Pustaka as-Sabil - Jakarta, Cetakan IV, 1426 H/ 2005 M.
Judul terjemahan: Keajaiban Thibbun Nabawi, bukti ilmiah dan rahasia kesembuhan dalam pengobatan Nabawi, Penerjemah: Hawin Murtadlo, Penerbit: al-Qowam - Surakarta, Cetakan VIII, 2012 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Software islami ensiklopedi hadits kitab 9 imam berisi kumpulan hadits dan terjemah

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog