Skip to main content

Bekam titik empedu (3)

Adapun trigliserida adalah sejenis lemak dalam darah yang berfungsi sebagai sumber energi. Namun bila makan lebih dari yang diperlukan tubuh, kelebihan kalori akan disimpan sebagai trigliserida dalam sel-sel lemak untuk cadangan energi. Kadar trigliserida tinggi biasanya disebabkan oleh kegemukan dan gaya hidup kurang olahraga.

Diabetes, gangguan ginjal dan obat-obatan tertentu juga dapat meningkatkan kadar trigliserida. Kadar trigliserida 150 mg/dl ke atas adalah salah satu faktor resiko sindrom metabolik yang meningkatkan resiko penyakit jantung, diabetes dan stroke. Jika dibutuhkan, trigliserida akan dikonversi menjadi energi, namun jika makan terus-menerus dengan jumlah kalori yang melebihi kebutuhan, trigliserida akan terus disimpan dalam tubuh sehingga kadarnya meningkat dan memicu penyempitan pembuluh darah dengan plak lemak. Selain itu penumpukan trigliserida dapat menyebabkan penyakit hati berlemak dan pancreatitis.

Untuk menangani berbagai masalah dalam regulasi lemak, termasuk di dalamnya kolesterol maka dianjurkan untuk rutin berpuasa sunnat, hindari makanan yang kurang sehat seperti kulit ayam, jeroan, otak, gorengan, asam lemak trans juga margarin.

Dianjurkan juga memperbanyak makanan berserat seperti buah dan sayuran, di samping makanan tersebut mengandung vitamin antioksidan. Hindari juga konsumsi gula berlebih, konsumsi minyak zaitun, olahraga teratur dan berbekam.

Adapun titik bekam yang dapat dilakukan adalah 3 titik sunnah (akhdain, kahil, katifain), 3 jari di bawah pusar, dan titik empedu (tulang punggung ke 10-11, 3 jari dari kanan/ kiri dari garis tengah tulang belakang). Kenapa empedu? Pembuangan kolesterol, bilirubin, dan kalsium dari dalam darah adalah melalui empedu. Sementara resiko masalah empedu meningkat pada pasien obesitas. Titik jantung di depan (2 jari di atas dan 2 jari di bawah puting susu kiri dan ulu hati) juga perlu. Selain itu bisa ditambah di punggung tangan atau punggung kaki.

Penelitian oleh Buroni Madjid pada 2009 menemukan pernbaikan rasio antara LDL dan HDL setelah dilakukannya bekam. Ditemukan juga hasil penelitian kadar LDL di darah bekam lebih tinggi daripada darah vena. WALLOOHU a'lam.

Wahyudi Widada, S.Kp, M.Ked
Dosen Patobiologi FIKES Univ. Muh. Jember

Bagi pembaca yang ingin mencari alamat tempat terapi bekam terdekat dapat mengunjungi blog:

www.bekampage.blogspot.com

===

Maroji':
Tabloid Bekam Edisi 16/ Tahun 3/ 2013.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Sembilan kitab hadits dalam Satu software
Cinta Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam?
Gali pesan Beliau di software ini
Software hadits digital berisi sembilan kitab hadits dengan terjemah. Disertai berbagai fitur yang menarik.
Cocok untuk ustadz, pelajar, dan umum
http://lidwa.com

===

BISNIS PULSA
Harga voucher pulsa SANGAT MURAH !
Biaya registrasi GRATIS tanpa dipungut biaya apa pun
Biaya SMS reply Rp 0,- ( GRATIS )
Jumlah nominal deposit pulsa BEBAS tanpa ada minimal jumlah deposit
Transaksi pulsa ONLINE 24 jam sehari NONSTOP
Tidak ada target penjualan
http://www.pulsagram.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog