Skip to main content

Isteri yang ideal yang menetap di dalam rumahnya: Menerima kepemimpinan laki-laki dan ta'at

Isteri yang ideal yang menetap di dalam rumahnya

Kancah wanita adalah rumahnya. Dia bisa membuat rumahnya sebagai Surga dan tempat berteduh, atau merubahnya menjadi Neraka yang membara.

Menerima kepemimpinan laki-laki dan ta'at

Isteri yang ideal adalah isteri yang menghormati kehidupan suami isteri, bisa mengukur tingkah laku dan memiliki kesadaran untuk menegakkan rumah tangga Islami, tidak bodoh dan tidak terpedaya.

Kebersamaannya dengan seorang laki-laki bukan karena dorongan hewani, yang bisa berakhir karena dia merasa bosan. Hubungannya dengan suami tidak bisa diikat oleh kemaslahatan yang semu dan palsu.

Suami adalah jalan yang bisa menhantarkan wanita ke Surga, jika dia melaksanakan kewajibannya dengan cara yang diridhoi ALLOH. Dari Ummu Salamah rodhiyaLLOOHU 'anha, dia berkata, "Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda,
"Siapa pun wanita yang meninggal, sedang suaminya ridho kepadanya, maka dia masuk Surga."
(Diriwayatkan Imam Ibnu Majah, Imam at-Tirmidzi, dan Imam al-Hakim)

Pahala karena jiwanya yang luhur dan perhatiannya yang tinggi tidak hanya terbatas di dunia saja, tetapi juga terbawa hingga ke Surga yang abadi. Dia meremehkan segala kenikmatan semu yang bisa menghalangi keinginannya menerapkan hukum ALLOH, yaitu menta'ati suami. Dia sadar bahwa keta'atannya merupakan sarana untuk menundukkannya, dan sekali-kali tidak akan membuatnya marah, seperti apa pun keadaannya.

Dari Abu Huroiroh rodhiyaLLOOHU 'anhu, dia berkata, "Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda,
"Jika seorang laki-laki mengajak isterinya ke tempat tidurnya, lalu dia tidak mau mendatanginya, lalu suami menjadi marah kepadanya, maka para Malaikat melaknatnya hingga pagi hari."
(Diriwayatkan Imam al-Bukhori, Imam Muslim, Imam Abu Dawud, dan Imam an-Nasa-i)

Dalam menghadapi kehidupan suami isteri, isteri yang ideal selalu siap mengemban beban rumah tangga, dan tidak perlu diingatkan lagi dalam melaksanakan tanggung jawabnya.

Dia tahu peranan dan misinya di tengah keluarga. Dia memandang kwwajibannya dan konsisten. Bagaimana tidak, sedang dia mengetahui bahwa melaksanakan kewajiban dengan menta'ati suami, lebih kuat daripada melaksanakan 'amal yang hukumnya sunnat.

Dari Abu Huroiroh rodhiyaLLOOHU 'anhu, sesungguhnya Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda,
"Tidak dihalalkan bagi seorang wanita untuk berpuasa, sedang suaminya ada di sisinya kecuali dengan izinnya, dan dia tidak diizinkan memasukkan (laki-laki lain) ke dalam rumahnya kecuali dengan izinnya, dan apa yang dia keluarkan dari suatu nafkah tanpa perintahnya, maka separuh pahalanya kembali kepada suaminya."
(Diriwayatkan Imam al-Bukhori dan Imam Muslim)

Menurut Imam an-Nawawi rohimahuLLOOH di dalam Syarh Muslim, sebab pengharoman puasa ini karena suami mempunyai hak untuk memperoleh kenikmatan darinya setiap saat. Haknya harus langsung dipenuhi dan tidak boleh terhalang atau ditangguhkan karena isteri mengerjakan 'amal (puasa) sunnat. Isteri tidak boleh puasa tanpa izin suaminya. Sehingga jika suami hendak memperoleh kenikmatan darinya, maka isteri boleh membatalkan puasa sunnatnya.

Biasanya orang Muslim itu merasa takut untuk membatalkan puasa. Tidak dapat diragukan, yang menjadi titik prioritas di sini adalah hak suami, kecuali jika suami tidak merasa terganggu dan tidak enggan.

Di dalam hadits ini terkandung pengertian bahwa hak suami lebih kuat daripada 'ibadah isteri yang hukumnya sunnat. Sebab hak suami adalah wajib, sedangkan pelaksanaan yang wajib harus didahulukan daripada yang sunnat.

===

Maroji':
Kitab: az-Zaujatul Mistsaliyyah, Penulis: Khoulah binti 'Abdul Qodir Darwis, Penerbit: Darul Muhammadi lin Nasyr wat Tauzi', Cetakan 1, 1415 H, Judul terjemahan: Isteri yang ideal, Penerjemah: Kathur Suhardi, Penerbit: Darul Falah - Bekasi, Cetakan IX, 1432 H.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Kios Tas, Sepatu, Jaket, Baju, dll
http://SahlaAgency.blogspot.com

===

Sembilan kitab hadits dalam Satu software
Cinta Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam?
Gali pesan Beliau di software ini
Software hadits digital berisi sembilan kitab hadits dengan terjemah. Disertai berbagai fitur yang menarik.
Cocok untuk ustadz, pelajar, dan umum
http://lidwa.com

===

BISNIS PULSA
Harga voucher pulsa SANGAT MURAH !
Biaya registrasi GRATIS tanpa dipungut biaya apa pun
Biaya SMS reply Rp 0,- ( GRATIS )
Jumlah nominal deposit pulsa BEBAS tanpa ada minimal jumlah deposit
Transaksi pulsa ONLINE 24 jam sehari NONSTOP
Tidak ada target penjualan
http://www.pulsagram.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog