Skip to main content

Herbal pelancar kolesterol (8)

8) Ats-Tsaum (bawang putih)

Ibnu Muflih memandang karakter bawang putih panas dan kering pada tingkatan keempat. Zat penghangat dan pengeringnya sangat efektif untuk mengatasi kedinginan dan dahak bagi orang yang berpotensi mengalami kelumpuhan.

Imam adz-Dzahabi rohimahuLLOOH menyatakan bawang putih bagus untuk mereka yang kedinginan, yang berlendir, dan mereka yang lumpuh, mengeringkan air mani, mengatasi angin, mengatasi sakit di musim dingin dan sengatan binatang berbisa setingkat dengan penawar racun.

Saat ini diketahui bawang putih memiliki sifat antioksidan, menurunkan kadar gula darah, hepatoprotektor terhadap kerusakan hati yang disebabkan oleh parasetamol, aktivitas terhadap kardiovaskuler melalui beberapa efek, antara lain aterosklerosis, antihiperlipidemia, agregasi (penggumpalan) platelet, fibrinolitik (pemecah fibrin/ faktor pembekuan darah) dan menurunkan tekanan darah.

Adapun dosis bawang putih yang dianjurkan yaitu, 2-5 gram jika dikonsumsi segar, 0,4-1,2 gram bila bentuk serbuk, 2-5 miligram bentuk minyaknya, atau 300-1000 miligram dalam bentuk ekstrak kering. Penggunaan bawang putih dianjurkan bersamaan dengan makanan lain (dalam bumbu masak), seperti untuk bumbu talbinah, dikarenakan untuk mencegah rasa tidak enak pada saluran pencernaan.

(Joko/tb/berbagai sumber)

===

Maroji':
Tabloid Bekam Edisi 16/ Tahun 3/ 2013.

===

Software islami ensiklopedi hadits kitab 9 imam berisi kumpulan hadits dan terjemah

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

BISNIS PULSA
http://www.pulsagram.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog