Skip to main content

Herbal pelancar kolesterol

Melihat dari proses kerjanya dalam tubuh, masalah pada kolesterol erat kaitannya dengan empedu kuning (safro'). Oleh karenanya ada beberapa tindakan guna menghadapi ketidakseimbangan atau rusaknya empedu kuning dan pengendapannya di dalam tubuh. Berikut ini herbal yang dapat dipilih berdasarkan kasus yang diderita:

Pencahar untuk pengendapan empedu kuning.

Dalam buku Regimen of Health, Maimonides menegaskan bahwasanya para dokter setuju jika yang utama dalam cara hidup sehat yaitu melembutkan tinja. Kapan pun tinja menjadi kering dan menjadi lebih kering jika tinja tertahan, maka uap yang sangat jahat dihasilkan kemudian naik ke jantung dan otak, merusak cairan darah, menggelisahkan nafas, menghasilkan melankolia, pikiran jahat, kelumpuhan dan keengganan untuk beraktifitas, serta menghalangi jalan keluar secara berlebihan semua pencernaan. Oleh karena itu patutlah secara sepenuhnya untuk menjaga kelunakan tinja.

Senna (daun jati cina)

Asma' binti 'Umar rodhiyaLLOOHU 'anhuma menceritakan, bahwa Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam pernah bertanya kepadanya, "Apa yang kamu pakai untuk melancarkan buang air besar?" "Syubrum," jawabnya. "Itu panas sekali," sabda Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam. Lalu Asma' berkata, "Aku juga pernah melancarkan buang air besar dengan senna." Lantas Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda, "Jika ada obat yang bisa menyembuhkan seseorang dari kematian, obat itu pasti senna."
(Hadits Riwayat Imam at-Tirmidzi, dan Imam Ibnu Majah)

Senna berasal dari bahasa Arob, yaitu sana dan di Arob ada yang disebut senna Makki (sana Makkah). Senna adalah kelompok besar herbal pencahar, diantaranya yang terkenal adalah cassia acutifolia, senna alexandria, dan senna obtusifolia.

Di Indonesia senna disebut daun jati cina. Karakter senna adalah panas dan kering pada tingkatan pertama.

Menurut Imam Ibnu Muflih al-Maqdisi rohimahuLLOOH, di samping sebagai pencahar lembut, manfaat lain senna termasuk membersihkan empedu kuning dan hitam dan digunakan dalam pengobatan angina jantung (nyeri dada), jaundice hitam, hepatitis, herpes simplex, kulit pecah-pecah, sakit kepala migrain, kebotakan, kutu rambut, kudis, jerawat, gatal-gatal, dan epilepsi serta merelaksasi tegangan otot.

Dosis yang disarankan adalah 3 dirham (± 9 gram), sedangkan airnya bisa sampai 5 dirham. Cara membuat rebusan senna adalah dengan mengambil 9 gram daun senna kering dan direbus dengan air secukupnya selama 15 menit, lalu tambahkan beberapa helai daun ungu dan kismis yang telah dibuang bijinya. Setelah dingin sebanyak 21 gram airnya diminum.

===

Maroji':
Tabloid Bekam Edisi 16/ Tahun 3/ 2013.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Software islami ensiklopedi hadits kitab 9 imam berisi kumpulan hadits dan terjemah

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog