Skip to main content

Kisah dajjal dan turunnya Nabi 'Isa untuk membunuhnya (6)

Kronologi kisah al-masih ad-dajjal dan turunnya 'Isa 'alayhis salam, serta terbunuhnya dajjal oleh 'Isa 'alayhis salam berdasarkan riwayat Abu Umamah dengan tambahan riwayat yang shohih dari shohabat lain.
6) Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda:
Dan sunnguh ia (dajjal) akan muncul [dari [bumi] belahan timur](1) [Yang bernama 'Khurosan'],(2) [di tengah orang-orang yahudi Ashfahan],(3) [wajah-wajah mereka seperti wajah orang-orang Turki],(4) (dari arah 'Khollah' yang terletak antara Syam dan Iraq, kemudian ia membuat kerusakan ke arah kanan [dan membuat kerusakan] ke arah kiri.(5) Wahai hamba-hamba ALLOH! Tetap teguhlah [diucapkan tiga kali].(6)
===

(1) Riwayat Imam Muslim dari Shohabat Abu Huroiroh rodhiyaLLOOHU 'anhu. Saya (Imam al-Albani) katakan: "Inilah riwayat yang benar dalam kitab (Shohih) Muslim, adapun ungkapan al-Hafizh (Ibnu Hajar) dalam kitab al-Fat-h 13/77, yaitu (dan dalam satu riwayat mengatakan bahwa dajjal keluar dari Ashfahan." Dikeluarkan oleh Muslim) maka perlu diteliti kembali karena tidak ada riwayat di dalam (kitab Shohih) Muslim bahwa dajjal muncul dari sana. Yang ada di sana adalah ungkapan hadits Anas rodhiyaLLOOHU 'anhu yang berbunyi: "(Akan mengikuti dajjal dari yahudi Ashfahan sebanyak tujuh puluh ribu." Saya katakan: "Ini tidak menunjukkan secara pasti bahwa dajjal muncul dari sana, akan tetapi itu hanya mengandung kemungkinan saja, karena hadits ini hanya mengungkapkan tentang pengikut-pengikutnya dari kaum yahudi dan tidak berbicara tentang diri dajjal sendiri."
(2) Riwayat Imam Ahmad dalam kitab al-Musnad, Imam at-Tirmidzi, Imam Ibnu Majah, dan Imam al-Hakim dalam kitab al-Mustadrok dari Shohabat Abu Bakar rodhiyaLLOOHU 'anhu. 'Hadits-hadits Shohih 1591'.
(3) Riwayat Imam Ahmad dalam kitab al-Musnad, anaknya 'Abdulloh dalam kitab as-Sunnah, Imam Ibnu Hibban dalam kitab ash-Shohih, Imam Ibnu Mandah dalam kitab al-Iman dan Imam Abu 'Amr ad-Dani dalam kitab al-Fitan dari Ummul Mu'minin 'Aisyah rodhiyaLLOOHU 'anhuma, juga Imam Ahmad dalam kitab al-Musnad dan Imam Muslim dari Anas rodhiyaLLOOHU 'anhu.
(4) Riwayat Imam Ahmad dalam kitab al-Musnad, Imam at-Tirmidzi, Imam Ibnu Majah, dan Imam al-Hakim dalam al-Mustadrok dari Shohabat Abu Bakar rodhiyaLLOOHU 'anhu.
(5) Riwayat Imam Muslim dari an-Nawwas bin Sam'an, dan Imam al-Hakim dalam kitab al-Mustadrok dari Nufair.
(6) Riwayat Imam al-Hakim dalam kitab al-Mustadrok dari Nufair.
===

Maroji:
Kitab: Qishshotu al-Masiih ad-Dajjal wa Nuzuuli 'Isa 'alayhish sholaatu was salaam wa Qotlihi Iyyaahu, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rohimahuLLOOH, Penerbit: Maktabah al-Islamiyyah, 'Amman - Yordan, Cetakan I, 1421 H, Judul terjemahan: Kisah dajjal dan turunnya 'Isa 'alayhis salam untuk membunuhnya, Penerjemah: Beni Sarbeni, Penerbit: Pustaka Imam asy-Syafi'i, Cetakan I, 1426 H/ 2005 M.
===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Software islami ensiklopedi hadits kitab 9 imam berisi kumpulan hadits dan terjemah

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT







Popular posts from this blog