Skip to main content

LDL pembawa utama kolesterol (3)

Pengaturan dalam tubuh sebagai respon terhadap kandungan kolesterol diperantarai oleh suatu sistem pengaturan transkripsional dari gen HMG-CoA reduktase. Gen ini, bersama 20 gen lain mengatur pemanfaatan dan sintesis kolesterol serta asam lemak tak jenuh, dikontrol oleh sekelompok protein kecil, disebut sterol regulatory element binding proteins.

Lalu muncul suatu pertanyaan, mekanisme apa yang menyebabkan kolesterol dapat mendorong timbulnya penyakit?

Ketika jumlah kolesterol yang disintesis dan kolesterol yang didapatkan dari makanan melebihi jumlah kolesterol yang dibutuhkan untuk sintesis membran, steroid dan komponen lainnya, maka akan terjadi akumulasi kolesterol dalam pembuluh darah yang selanjutnya akan dapat menyebabkan terhambatnya aliran darah.

Penyakit seperti aterosklesrosis berhubungan dengan indeks kolesterol di dalam darah, yaitu perbandingan antara kolesterol total dengan HDL. Dalam kehidupan manusia, penting untuk kita melakukan penapisan konsentrasi kolesterol, terutama berhubungan dengan keseimbangan konsentrasi trigliserida, LDL, dan HDL dalam darah.

HDL akan membantu dalam menjaga agar tidak ada LDL yang tertahan dalam dinding arteri sehingga dapat menimbulkan peradangan pada pembuluh darah dan selanjutnya mencetuskan penyakit seperti serangan jantung, stroke dan lain sebagainya. Jika kita ingin meningkatkan HDL dalam tubuh, aktivitas fisik seperti olahraga, dapat mendorong tubuh kita menghasilkan lebih banyak HDL daripada LDL. Selain itu, pentingnya kita menjaga makanan dengan gizi berimbang, menurunkan konsumsi lemak-lemak trans menjadi salah satu cara yang paling baik dalam meningkatkan kuantitas HDL dalam tubuh kita serta menyeimbangkan unsur lain dalam tubuh. WALLOOHU a'lam.

===

Maroji':
Tabloid Bekam Edisi 16/ Tahun 3/ 2013.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Sembilan kitab hadits dalam Satu software
Cinta Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam?
Gali pesan Beliau di software ini
Software hadits digital berisi sembilan kitab hadits dengan terjemah. Disertai berbagai fitur yang menarik.
Cocok untuk ustadz, pelajar, dan umum
http://lidwa.com

===

BISNIS PULSA
Harga voucher pulsa SANGAT MURAH !
Biaya registrasi GRATIS tanpa dipungut biaya apa pun
Biaya SMS reply Rp 0,- ( GRATIS )
Jumlah nominal deposit pulsa BEBAS tanpa ada minimal jumlah deposit
Transaksi pulsa ONLINE 24 jam sehari NONSTOP
Tidak ada target penjualan
http://www.pulsagram.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog