Skip to main content

Akhlaq isteri yang ideal: Menjauhi adu domba

Akhlaq isteri yang ideal

Menjauhi adu domba

Adu domba merupakan perangai tercela yang menanamkan dendam di antara manusia. Ini merupakan sifat yang dibenci setiap Muslim dan Muslimah.

Sifat yang buruk ini tidak boleh diremehkan, karena di antara ciri-ciri adu domba dan yang telah ditetapkan baginya, bahwa ia bisa memisahkan seseorang dengan kerabatnya, seseorang dengan teman-temannya, bahkan dirinya dengan anggota keluarganya sendiri.

Di antara kisah yang menggambarkan sensitifnya sifat ini adalah sebagaimana.yang disebutkan Syaikh Ibnu Qudamah di dalam kitabnya, Mukhtashor Minhajul Qoshidin, bahwa seseorang menjual budak. Dia berkata kepada pembelinya, "Budak ini tidak mempunyai satu aib pun. Hanya saja, dia suka mengadu domba."

"Tak menjadi soal bagiku." Kata pembeli.

Setelah beberapa hari budak itu berada di rumah pembeli, dia menghampiri isteri tuannya seraya berkata, "Sebenarnya tuanku tidak mencintai nyonya. Meskipun begitu dia tetap ingin menikahi nyonya. Jika nyonya menghendaki, saya bisa membujuknya agar dia tidak menceraikan nyonya, lalu ambillah pisau untuk mencukur rambutnya tatkala dia tidur. Hal ini bisa menyihirnya sehingga dia senantiasa mencintai nyonya."

Lalu budak itu berkata kepada tuannya, "Sesungguhnya isteri tuan berkomplot dengan seseorang dan ingin membunuh tuan selagi tuan sedang tidur."

Maka sang tuan pura-pura tidur, lalu sang isteri menghampirinya pelan-pelan sambil membawa pisau. Dia mengira isterinya benar-benar akan membunuhnya. Maka dia segera bangkit dan membunuh isterinya.

Keluarga sang isteri mendatanginya, lalu membunuhnya. Bahkan permusuhan merembet antara kabilah suami dan isteri.

Adu domba bisa menimbulkan tindak pembunuhan, bahkan peperangan antara dua kabilah. Di dalam masyarakat kita banyak terdapat peristiwa yang menunjukkan betapa besar akibat yang ditimbulkan adu domba.

Sedangkan isteri yang ideal mempunyai sikap yang pasti dalam menghadapi adu domba, sesuai dengan hukum syari'at tentang adu domba, bahwa,

"Tidak akan masuk Surga orang yang suka mengadu domba." (Hadits Riwayat Imam al-Bukhori, dan Imam Muslim)

Jika ada seorang wanita yang menghampirinya dan mengucapkan perkataan yang buruk, dan hal ini seringkali terjadi, maka dia tidak mau mendengarkannya dan tidak memperdulikannya. Bahkan kalau perlu dia membungkam mulut wanita tersebut dan menimpukkan batu kepadanya, sekedar untuk mengajarkan haromnya adu domba.

Adakalanya seseorang berkata kepadanya, "Suamimu telah berbuat begini dan begitu." Atau "Dia merasa respek terhadap masakan wanita lain." Atau "Dia hendak menikah lagi."

Tapi dalam kondisi seperti apa pun isteri yang sholihah dan ideal bisa keluar dari setiap cobaan dengan mendapat kemenangan, rumah tangganya tetap utuh, karena memang dia sudah dipersiapkan sebagai isteri yang ideal.

Imam an-Nawawi rohimahuLLOOH menyebutkan bahwa wanita yang menerima kedatangan orang lain yang hendak mengadu domba dan mengatakan begini dan begitu kepadanya, harus bersikap sebagai berikut:

1. Tidak membenarkan perkataannya, karena dia orang yang suka mengadu domba dan fasiq.
2. Melarang tindakannya, menasihatinya dan menunjukkan sisi keburukan perbuatannya.
3. Membencinya karena ALLOH, karena dia adalah orang yang dibenci di sisi ALLOH. Kita harus membenci orang yang dibenci ALLOH.

===

Maroji':
Kitab: az-Zaujatul Mistsaliyyah, Penulis: Khoulah binti 'Abdul Qodir Darwis, Penerbit: Darul Muhammadi lin Nasyr wat Tauzi', Cetakan 1, 1415 H, Judul terjemahan: Isteri yang ideal, Penerjemah: Kathur Suhardi, Penerbit: Darul Falah - Bekasi, Cetakan IX, 1432 H.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Kios Tas, Sepatu, Jaket, Baju, dll
http://SahlaAgency.blogspot.com

===

Sembilan kitab hadits dalam Satu software
Cinta Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam?
Gali pesan Beliau di software ini
Software hadits digital berisi sembilan kitab hadits dengan terjemah. Disertai berbagai fitur yang menarik.
Cocok untuk ustadz, pelajar, dan umum
http://lidwa.com

===

BISNIS PULSA
Harga voucher pulsa SANGAT MURAH !
Biaya registrasi GRATIS tanpa dipungut biaya apa pun
Biaya SMS reply Rp 0,- ( GRATIS )
Jumlah nominal deposit pulsa BEBAS tanpa ada minimal jumlah deposit
Transaksi pulsa ONLINE 24 jam sehari NONSTOP
Tidak ada target penjualan
http://www.pulsagram.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog