Skip to main content

Sifat Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam

Sifat Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam (52)

Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam tidak terlalu tinggi dan tidak pula pendek (53), tidak terlalu putih dan tidak pula coklat (54), rambutnya tidak keriting dan tidak pula lurus (55), saat meninggal tidak ada di kepalanya lebih dari dua puluh uban. Tubuhnya bagus, jarak antara kedua pundaknya jauh, memiliki rambut hingga kedua pundak: pada suatu waktu hingga dua daun telinganya, dan suatu waktu hingga separuh telinganya. Jenggotnya tebal, jari-jari tangannya besar (56), kepalanya besar, dan dua tulang persendiannya besar.

Wajahnya bulat, matanya sangat hitam, bulu matanya panjang, ujung matanya merah, berbulu lembut dari dada hingga pusar.

Jika berjalan, beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam berjalan dengan kuat. Wajahnya berbinar-binar laksana bulan purnama, seakan-akan wajahnya adalah bulan. Suaranya merdu, pipinya lunak, mulutnya lebar (57), perut dan dadanya sejajar.

Kedua pundak, kedua hasta dan bagian atas dada berbulu, pergelangan tangannya panjang, telapak tangannya lebar, lubang kedua matanya panjang, kedua tumitnya memiliki sedikit daging, di antara kedua pundaknya terdapat tanda kenabian seperti kancing rumah pengantin, atau seperti telur merpati (58).

Jika berjalan, seakan-akan tanah bumi dilipat untuknya. Saat menyusulnya, mereka mendapatinya tidak menaruh perhatian. Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam mengurai rambut kepalanya (pada keningnya), lalu memisahnya menjadi dua bagian. (59) Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam menyisir rambutnya, menyisir jenggotnya, dan bercelak dengan celak itsmid setiap malam, pada tiap-tiap mata tiga sapuan saat tidur.

Pakaian yang paling Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam sukai adalah gamis, berwarna putih, dan hibaroh, yaitu sejenis kain tebal berwarna kemerah-merahan. Lengan baju Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam hingga pergelangan. (60)

Pada satu waktu, Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam memakai pakaian merah, sarung dan selendang. Pada waktu lain, Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam memakai dua pakaian (hijau). Pada waktu yang lain, Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam memakai jubah yang sempit lengan tangannya. Pada waktu yang lain, Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam memakai peci. Pada waktu yang lain, Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam memakai serban hitam dan mengulurkan kedua ujungnya di antara kedua pundaknya. Pada waktu yang lain, memakai pakaian hitam terbuat dari bulu, yakni kisa'. Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam memakai cincin (61), sepatu dan sandal.

===

(52) Mengenai masalah ini, lihat kitab asy-Syamaa-il al-Muhammadiyyah karya Imam at-Tirmidzi, yang dirangkum oleh Imam al-Albani.

(53) Yakni, perawakannya ideal.

(54) Yakni, Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam tidak terlalu putih dan tidak pula coklat, tetapi putihnya kecoklatan yang dihiasi dengan warna kemerahan.

(55) Yakni, rambut Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam tidak keriting dan tidak pula sangat lurus dan lembut, tetapi pertengahan di antara itu, dan inilah kesempurnaan.

(56) Ini adalah terpuji bagi laki-laki karena ia sangat keras genggamannya, tapi dicela bagi wanita, karena yang lebih pantas bagi wanita adalah lembut. Lihat kitab an-Nihaayah 2/444.

(57) Ini adalah sifat kesempurnaan pada kaum laki-laki.

(58) Khotam an-Nubuwwah (stempel kenabian) ialah tanda menonjol, yakni daging yang menonjol yang terletak di antara kedua pundak seukuran telur burung merpati dan di atasnya terdapat bulu-bulu yang berhimpun.

(59) Yakni, menjadikannya menjadi dua bagian pada kedua sisi kepalanya, dan tidak membiarkan sedikitpun darinya pada dahinya.

(60) Hadits Riwayat Imam Abu Dawud 4027, dan Imam at-Tirmidzi 1765. Dalam sanadnya terdapat Syahr bin Hausyab, seorang perowi dho'if. Ar-Rusgh adalah persendian antara telapak tangan dengan lengan. Lihat kitab Mukhtashor asy-Syamaa-il, karya Imam al-Albani halaman 46.

(61) Cincin Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam terbuat dari perak yang Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam sematkan di jari manis kanannya, dan terkadang Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam memakainya di tangan kiri. Lihat kitab Shohiih al-Bukhori 5877, dan kitab Shohiih Muslim 2094.

===

Maroji':
Kitab: Tahdziibus Siroh an-Nabawiyyah, Penulis: Abu 'Abdirrohman Kholid bin 'Abdirrohman bin Hamd asy-Syayi', merujuk muqoddimah Tahdziib al-Asmaa' wa Lughoot karya Imam Yahya bin Syarof an-Nawawi, Penerbit: Darush Shumay'i, Judul terjemah: Siroh Nabi Muhammad shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam ringkas, mudah dan akurat, Penerjemah: Akhmad Syaikhu, Penerbit: Pustaka Ibnu 'Umar, Cetakan II, 1434 H/ 2013 M.

===

Software islami ensiklopedi hadits kitab 9 imam berisi kumpulan hadits dan terjemah

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

BISNIS PULSA
http://www.pulsagram.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog