Skip to main content

Herbal pelancar kolesterol (7)

7) Sirup sakanjabin

Ibnu Sayyar al-Warroq menjelaskan bahwasanya madu baik untuk orangtua dan orang yang kelebihan sifat dingin. Bagi orang-orang yang bertemperamen panas dan di musim panas madu harus dihindari.

Adapun Ibnu Muflih menegaskan bahwasanya untuk menanggulangi efek negatif madu adalah dengan cuka (buah), dengan begitu justru akan sangat bermanfaat bagi mereka (bermasalah dengan liver).

Menurut ar-Rozi minuman sakanjabin membersihkan dada dan paru-paru, dan memadamkan panas empedu kuning ketika didinginkan dengan es batu.

Sakanjabin juga mengurai lendir lambung dan mengencerkannya guna memudahkan pembersihan sistem pencernaan. Sakanjabin juga mendinginkan hati (liver) dan membuka sumbatan di dalamnya.

Sedangkan Imam adz-Dzahabi berpendapat sakanjabin berguna untuk menjaga kesehatan orang yang suka marah dan bermanfaat untuk demam yang menular.

Cara meracik sakanjabin adalah dengan mencampur satu sendok makan madu, tiga sendok makan cuka buah dan segelas air. Aduk larutan tersebut hingga merata, kemudian larutan didinginkan dalam refrigerator atau ditambah sedikit es batu. Ramuan sakanjabin yang sudah jadi dapat diminum 3 kali sehari setidaknya dua jam setelah makan.

===

Maroji':
Tabloid Bekam Edisi 16/ Tahun 3/ 2013.

===

Software islami ensiklopedi hadits kitab 9 imam berisi kumpulan hadits dan terjemah

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

BISNIS PULSA
http://www.pulsagram.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog