Skip to main content

Tashfiyah dan tarbiyah

Karena dalam hal ini mereka (para 'ulama) menerapkan dua metode dakwah Islam. Yaitu metode tashfiyah dan tarbiyah.

Yang dimaksud dengan metode tashfiyah adalah dengan mengadakan pembersihan ajaran Islam dari kotoran syirik, bid'ah dan segala bentuk penyimpangan dari ajaran Islam yang dibawa dan diajarkan oleh Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam.

Sedangkan yang dimaksud dengan metode tarbiyah adalah dengan cara mendidik ummat Islam dengan ajaran Islam yang sebenarnya, seperti yang telah diajarkan oleh Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam dan diamalkan oleh para Shahabat beliau.

Dan termasuk metode tashfiyah adalah dengan menerangkan penyimpangan kaum muslimin dari apa yang telah diajarkan dan digariskan oleh Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, dalam hal ini adalah perayaan maulidan.

Maka bagaimana pun cara yang dilakukan oleh orang-orang bodoh yang hendak menghalangi usaha seseorang mengikuti jejak para 'ulama Islam dalam hal ini, tidak boleh dihiraukan. Seseorang harus tetap berjalan mengikuti jejak para 'ulama pewaris Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam itu, dan membiarkan gonggongan yang datang dari anjing-anjing jalanan di manapun berada, sebagaimana disebutkan, "Anjing menggonggong kafilah berlalu."

Kemudian perlu untuk diketahui bahwa apa yang telah saya sebutkan di dalam buku ini ketika menjawab syubhat mereka yang merayakan maulidan dan membantah hujjah mereka, pada hakikatnya adalah kaidah-kaidah di dalam membantah segala macam bentuk bid'ah yang ada. Atau dengan kata lain bahwa pembahasan itu juga dapat dipakai untuk membantah bid'ah-bid'ah yang lainnya, walhamdulillah.

Bersambung...

===

Maroji'/ Sumber:
Judul buku: Benarkah Shalahuddin al-Ayubi merayakan Maulid Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam?, Penulis: Ustadz Ibnu Saini bin Muhammad bin Musa rahimahullaah, Muraja'ah: Ustadz 'Abdul Hakim bin Amir Abdat hafizhahullaah, Penerbit: Maktabah Mu'awiyah bin Abi Sufyan, Jakarta - Indonesia, Cetakan ketiga, Syawwal 1435 H/ Agustus 2014 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog