Skip to main content

Tanda-tanda husnul khatimah: Mengucapkan kalimat syahadat di saat menjelang kematiannya

Bab VIII

Tanda-tanda husnul khatimah

Sesungguhnyaa Allah Subhaanahu wa Ta'aala telah memberikan isyarat yang menunjukkan bahwa seseorang itu meninggal dunia dalam keadaan husnul khatimah (akhir hidup yang baik). Tanda-tanda husnul khatimah yang Allah jelaskan ini merupakan bentuk karunia-Nya kepada hamba-Nya. Maka jika ada seseorang yang mati dengan mengalami salah satu dari tanda-tanda tersebut, hal itu merupakan kabar gembira dan kebaikan baginya.

Di antara tanda-tanda husnul khatimah tersebut adalah:

1. Mengucapkan kalimat syahadat di saat menjelang kematiannya.

Hal ini telah diperjelas dalam beberapa hadits sebagaimana tersebut dalam kitab aslinya "Ahkam al-Janaiz wa Bida'uha," diantaranya sabda Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam,

"Barangsiapa yang akhir perkataannya (saat menjemput kematiany dengan mengucapkan Laa ilaaha illallaah (tidak ada yang berhak disembah selain Allah) maka ia masuk Surga."

===

Maroji'/ Sumber:
Kitab: Talkhiish ahkaamul janaa-iz wa bida'uha, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani hafizhahullaah, Judul terjemahan: Panduan praktis hukum jenazah, Penerjemah: Muhammad Dahri Lc dkk, Penerbit: Darus Sunnah Press, Jakarta - Indonesia, Cetakan I, 2005 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog