Skip to main content

Sejarah Maulidan

Sejarah Maulidan

Pendahuluan

Untuk membuktikan kebenaran bahwa panglima dan raja besar Islam yang bernama Shalahuddin al-Ayubi justru adalah seorang yang melenyapkan perayaan maulidan yang dirayakan oleh para penguasa kerajaan 'Ubaidiyyah (Fathimiyyah) (10). Maka kita harus terlebih dahulu membahas tentang rentetan sejarah perayaan maulidan di dunia Islam. Untuk itu, di bawah ini akan diuraikan dengan ringkas tentang periodeisasi perayaan maulidan di dunia Islam sepanjang sejarah.

Para ahli sejarah negeri Mesir, seperti: al-Qalqasyandi (wafat 821 H), al-Maqrizi (wafat 845 H), al-Malik Musa bin al-Makmun al-Bathaa-ihi dan al-Murtadha bin ath-Thuwair, mereka semuanya telah menyatakan bahwa para penguasa kerajaan 'Ubaidiyyah (Fathimiyyah) di Mesir telah mengadakan maulidan semenjak abad ketiga Hijriyyah di sana. Sehingga dapat disimpulkan bahwa merekalah yang pertama kali mengadakannya di dunia Islam. (11)

Bersambung...

===

(10) Sebenarnya mereka adalah keturunan Bani 'Ubaidiyyah, maka nama kerajaan mereka yang sebenarnya adalah kerajaan 'Ubaidiyyah dan bukan kerajaan Fathimiyyah seperti yang tersebar di tengah-tengah kaum muslimin. Dan di dalam buku ini sayaa terpaksa untuk menyertakan juga sebutan kerajaan Fathimiyyah, karena memang itulah yang masyhur dan terkenal di tengah-tengah kaum muslimin, wallaahul musta'an.

(11) Mereka yang mencoba untuk menolak keterangan para ahli sejarah ini, maka sama saja menolak keberadaan matahari di siang hari yang terang benderang. Karena para ahli sejarah itu menetapkan suatu hal yang mereka ketahui, tapi kemudian orang yang belakangan menolak ketetapan tersebut?! Wallaahul musta'an.

===

Maroji'/ Sumber:
Judul buku: Benarkah Shalahuddin al-Ayubi merayakan Maulid Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam?, Penulis: Ustadz Ibnu Saini bin Muhammad bin Musa rahimahullaah, Muraja'ah: Ustadz 'Abdul Hakim bin Amir Abdat hafizhahullaah, Penerbit: Maktabah Mu'awiyah bin Abi Sufyan, Jakarta - Indonesia, Cetakan ketiga, Syawwal 1435 H/ Agustus 2014 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog