Skip to main content

Lakukan 'amal yang berpahala ganda

Hal-hal yang menyebabkan panjang umur

Lakukan 'amal yang berpahala ganda

Pada bagian pertama, kita telah menjelaskan bahwa silaturrahim dan akhlaq baik merupakan bagian sebab dipanjangkannya 'amal, sebagaimana tertuang dalam beberapa hadits terdahulu. Kedua cara itu merupakan penyebab secara langsung dipanjangkannya umur seseorang. Namun ada penyebab tidak langsung, dimana seorang muslim dapat memperoleh kebaikan yang banyak dalam waktu singkat. Yaitu dengan mengerjakan 'amal-'amal yang memiliki pahala berlipat ganda yang telah dijanjikan Allah. Dengan begitu, umur menjadi lebih produktif. Engkau dapat mengerjakannya dalam waktu singkat, dimana orang lain melakukannya dalam waktu lama.

Sebelum kita menguraikan satu per satu 'amal-'amal yang berpahala berlipat ganda, sebaiknya kita jelaskan dulu contoh nyata yang sederhana sebagai pengantar.

Ada dua orang pekerja berangkat menuju Arab Saudi untuk bekerja selama dua tahun di sebuah perusahaan. Gaji yang telah disepakati masing-masing sebesar 1.000 riyal per bulan. Lalu salah satu pekerja itu memutuskan untuk mengambil pekerjaan sampingan di tempat lain. Alasannya, ia ingin meningkatkan pendapatan bulanan lebih banyak daripada rekannya. Untuk itu, ia memperoleh 2.000 riyal per bulan dari kedua tempat itu. Di akhir masa kontrak kerja, keduanya memutuskan pulang kampung. Ia memberitahu shahabatnya bahwa ia telah memperoleh 48.000 riyal selama bekerja di Arab Saudi. Temannya hanya memperoleh 24.000 riyal. Ia pun heran dan bertanya, "Darimana engkau mendapatkan gaji sebanyak itu? Apakah engkau bekerja selama empat tahun di Arab Saudi?" Rekannya menjawab, "Tidak. Tapi aku juga bekerja di perusahaan lain dengan gaji sama."

Perhatikan dengan baik. Kedua pekerja itu menghabiskan waktu yang sama di Arab Saudi. Namun pekerja yang pertama memperoleh penghasilan dua kali lipat, seolah ia telah tinggal di sana lebih lama. Pertanyaannya kini, bagaimana engkau dapat mengumpulkan pahala sebanyak mungkin melebihi batas umur yang telah ditetapkan. Atau, bagaimana engkau menggunakan umur -misalnyaa- 60 tahun dapat menyamai 1.000 tahun, atau 5.000 tahun, atau lebih dari itu.

Ada dua jalan: Pertama, serius mengerjakan 'amalan yang memiliki pahala berlipat ganda. Kedua, sungguh-sungguh mengerjakan 'amal yang pahalanya senantiasa mengalir, walaupun pelakunya telah meninggal dunia.

Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam telah memberitahu kita melalui sabdanya tentang 'amal-'amal yang memiliki pahala berlipat-ganda dibanding 'amal-'amal lain. Dengan begitu, Allah akan membalas kebaikan seseorang sesuai dengan keikhlasannya dengan 10 kali lipat, 700 kali lipat, bahkan kadang tak terbatas.

Kami akan jelaskan sejumlah 'amal yang memiliki pahala berlipat ganda, sebagaimana dinasihatkan oleh Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam kepada kita. Semoga kita menjadikannya sebagai pengisi waktu kita di dunia.

Bersambung...

===

Maroji'/ Sumber:
Kitab: Kaifa Tu-thilu 'Umruka al-Intaajii, Penyusun: Muhammad bin Ibrohim an-Nu'aim, Pengantar: Syaikh Dr. Sholih bin Ghonim as-Sadlan, Syaikh 'Abdurrohim bin Ibrohim al-Hasyim, Penerbit: Daar adz-Dzakhoir, Dammam - Arob Saudi, Cetakan ke-3, Tahun 1422 H, Judul terjemah: Manajemen Umur, Resep Sunnah Menambah Pahala dan Usia, Penerjemah: M. Yasir 'Abdul Muthalib Lc, Penerbit: Pustaka at-Tazkia, Jakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Robi'ul Awwal 1426 H/ Mei 2005 M.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog