Skip to main content

Alam jin: Wajibnya memulangkan seluruh perselisihan kepada al-Qur-an dan as-Sunnah

Bab kedua

Kaidah-kaidah syari'at

Kaidah keempat:

Allah Subhaanahu wa Ta'aala telah berfirman dalam al-Qur-an:

Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul(-Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (al-Qur-an) dan Rasul (Sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya."
(Qur-an Surah an-Nisa': ayat 59)

Ayat yang mulia ini memerintahkan kepada setiap muslim untuk mengembalikan segala urusan kepada Kitabullah dan Sunnah Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam. Sehingga apabila seseorang berselisih tentang sesuatu hal, maka ia akan mengembalikan perselisihan itu kepada Kitabullah dan Sunnah Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam. Ada atau tidak dalam Kitabullah dan Sunnah Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam.

Jadi, setiap perbedaan pendapat harus ada penyelesaiannya, tidak boleh dibiarkan begitu saja. Ini adalah salah satu kaidah yang sangat besar sekali dari Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam.

Masih banyak lagi kaidah-kaidah yang lain yang patut dan wajib diketahui oleh setiap muslim. Kesimpulannya, kita harus selalu merujuk kepada Kitabullah dan Sunnah Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam yang sah menurut pemahaman salafush shalih (para imam salaf yang shalih). Dan pemahaman para imam salaf yang shalihlah yang menjadi ukuran dan dasar bagi kita dalam memahami al-Qur-an dan as-Sunnah.

Sampai di sini dua buah muqaddimah yang mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita sekalian.

===

Maroji'/ Sumber:
Buku: Alam jin menurut al-Qur-an dan as-Sunnah, bantahan terhadap buku Dialog dengan jin Muslim, Penulis: Ustadz 'Abdul Hakim bin Amir Abdat hafizhahullaah, Penyusun: Ustadz Ibnu Saini bin Muhammad bin Musa rahimahullaah, Penerbit: Darul Qolam, Jakarta - Indonesia, Cetakan kedua, Tahun 1425 H/ 2004 M.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog