Skip to main content

Memahami makna kalimat laa ilaaha illaLLOOH memberikan dua manfaat

Penjelasan kitab Kasyfu Syubuhat

Memahami makna kalimat laa ilaaha illaLLOOH memberikan dua manfaat: [1]

Pertama: Gembira dengan karunia ALLOH dan rohmat-NYA, sebagaimana disebutkan dalam firman ALLOH:

"Katakanlah, 'Dengan karunia ALLOH dan rohmat-NYA hendaknya mereka bergembira. Karunia ALLOH dan rohmat-NYA itu lebih baik daripada apa yang mereka kumpulkan'."
(Qur-an Suroh Yunus: ayat 58)

Kedua: Hati akan merasa sangat takut. [2]

Penjelasan

[1] Manfaat tersebut bisa diperoleh karena ALLOH Sub-haanahu wa Ta'aala telah membuka hatimu sehingga engkau dapat memahami dengan benar makna kalimat yang agung ini (laa ilaaha illaLLOOH). Ini merupakan karunia dan rohmat yang besar dari ALLOH Sub-haanahu wa Ta'aala. Engkau patut bergembira, karena hal semacam ini termasuk perbuatan yang diperintahkan oleh ALLOH Sub-haanahu wa Ta'aala. Dalilnya adalah sebagaimana disebutkan oleh Syaikh (Imam Muhammad bin 'Abdul Wahhab) rohimahuLLOOH bahwa kegembiraan seorang hamba karena nikmat yang ALLOH berikan kepadanya berupa 'ilmu dan 'ibadah termasuk hal yang terpuji. Disebutkan dalam sebuah hadits: "Bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, yakni gembira ketika berbuka dan gembira ketika bertemu ROBB-nya." (11)

[2] Yakni kita takut menyimpang seperti yang dialami oleh orang-orang yang tidak memahami makna kalimat tersebut secara benar. Karena hal seperti ini mengandung bahaya yang sangat besar.

Bersambung...

===

(11) Riwayat Imam al-Bukhori, kitab ash-Shoum, bab Hal Yaqulu Inni Shoim idza Syutima, dan Imam Muslim, kitab ash-Shiyam, bab Fadhl ash-Shiyam.

===

Sumber:
Kitab: Syar-hu kasy-fusy syubuhaati wa yaliihi syar-hul u-shuulus sittah, Penulis: Muhammad bin Sholih al-'Utsaimin, Penerbit: Dar ats-Tsaroyya - Kerajaan Saudi Arobia, 1416 H/ 1996 M, Judul terjemah: Syaroh kasyfu syubuhat membongkar akar kesyirikan dilengkapi syaroh ushulus sittah, Penerjemah: Bayu Abdurrohman, Penerbit: Media Hidayah - Jogjakarta, Cetakan I, Robi'uts Tsani 1425 H/ Juni 2004 M.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog