Skip to main content

Hari-hari raya yang tidak disyari'atkan (5)

50 kesalahan dalam berhari raya

Bab III

Hari-hari raya yang tidak disyari'atkan

5. Hari raya orang-orang baik

Syaikh 'Abdulloh bin 'Abdil 'Aziz at-Tuwaijiri hafizhohuLLOOH berkata, "Di antara perkara baru yang bid'ah dalam bulan Syawwal adalah hari raya orang-orang baik, yaitu pada tanggal delapan di bulan Syawwal."

Setelah orang-orang menyempurnakan puasa bulan Romadhon, dan berbuka di hari pertama di bulan Syawwal -yaitu 'Idul Fithri-, mereka pun mulai berpuasa enam hari pertama di bulan Syawwal. Pada hari kedelapan, mereka telah selesai melaksanakan puasa enam hari di bulan Syawwal, lalu mereka pun berbuka dan menamakan hari itu dengan hari raya orang-orang baik.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rohimahuLLOOH berkata, "Adapun mengadakan hari raya selain hari raya yang disyari'atkan, seperti beberapa malam di bulan Robi'ul Awwal, yang dinamakan malam Maulid (12) atau beberapa malam di bulan Rojab (13) atau tanggal delapan Dzulhijjah (14) atau hari Jum'at pertama di bulan Rojab atau tanggal delapan di bulan Syawwal, yang dinamakan oleh orang-orang bodoh sebagai hari raya orang-orang baik. Semua itu adalah termasuk bid'ah yang tidak pernah dituntunkan dan dilakukan oleh para Salaf, waLLOOHU Sub-haanahu wa Ta'aala a'lam." (15)

Syaikhul Islam juga berkata, "Adapun tanggal delapan dari bulan Syawwal, ia bukanlah hari raya orang-orang baik, tidak juga hari raya orang-orang jahat. Tidak boleh seseorang meyakininya sebagai hari raya, tidak juga melakukan sesuatu yang menandakan hari raya." (16)

Asy-Syaqiri rohimahuLLOOH berkata, "Di antara perbuatan bid'ah bahwa mereka mengadakan kumpul-kumpul dan hari raya dan mereka menamakannya dengan hari raya orang-orang baik." (17)

Inilah akhir dari pembahasan Kesalahan-kesalahan dalam hari raya dan peringatan-peringatan. Aku memohon kepada ALLOH Yang Maha Pemurah untuk mengampuni kekeliruan dan kesalahanku agar IA menetapkannya sebagai 'amal sholih bagiku dan pembaca dan agar IA memasukkan kita ke dalam Surga tertinggi, dengan karunia dan kebaikan-NYA.

Sub-haanakaLLOOHUmma wa bihamdika, asy-hadu allaa ilaaha illa anta, astagh-firuka, wa atuubu ilaih.
"Maha Suci ENGKAU ya ALLOH dan segala puji bagi-MU. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak di'ibadahi dengan benar, kecuali ENGKAU, aku memohon ampun dan bertaubat kepada-MU."

Ditulis oleh yang sangat membutuhkan ALLOH
Wahid bin 'Abdissalam bin as-Sayyid bin Muhammad Baali

===

(12) Yaitu malam dua belas Robi'ul Awwal. Dimana sebagian manusia berpesta di malam itu dengan memakan daging atau manisan ataupun membaca sya'ir-sya'ir yang berisi pujian terhadap Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam, dan hal-hal lainnya. Mereka menamakannya dengan hari raya Maulid Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam. Hari raya tersebut adalah bid'ah. Bacalah kitab al-Akhthoo-ul Masaajid, point ke-52.

(13) Yaitu malam 27 Rojab. Dimana sebagian manusia berpesta di malam itu, mereka menamakannya dengan malam Isro' dan Mi'roj. Walaupun seandainya malam itu benar merupakan malam Isro' dan Mi'roj, tetap tidak boleh mengadakan perayaan dengannya. Bacalah kitab al-Akhthoo-ul Masaajid, point ke-54.

(14) Yaitu malam kesembilan bulan Dzulhijjah, bertepatan dengan malam wuquf di 'Arofah. Pada malam itu sebagian manusia berpesta dengan makan daging dan sebagainya. Pesta pada malam tersebut adalah bid'ah.

(15) Kitab Majmuu' al-Fataawaa 25/298.

(16) Kitab al-Ikhtiyaarootul Fiqhiyyah, kitab ash-Shoum halaman 111.

(17) Kitab as-Sunan wal Mubtada'aat, bab Bida' Syahri Syawwal halaman 157.

===

Sumber:
Kitab: al-Kalimaatun Naafi'ah fil Akhthoo-isy Syaa-i'ah: Khomsuun Khotho-an fii Sholaatil 'Iidain, Penulis: Wahid 'Abdus Salam Baali, Penerbit: Dar Ibni Rojab, Cetakan II, 1424 H/ 2003 M, Judul terjemahan: 50 Kesalahan dalam berhari raya, Penerjemah: Mufti Hamdan, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir - Bogor, Cetakan I, Rojab 1426 H/ Agustus 2005 M.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog