Skip to main content

Syarah Kasyfu Syubuhat (10)

Penjelasan kitab Kasyfu Syubuhat

Apabila sudah terang bagi kalian bahwa mereka (orang-orang musyrik itu) [1] mengakui (mengimani) tauhid rububiyah ini [2], tetapi hal itu belum berarti mereka telah bertauhid seperti yang menjadi tujuan dakwah Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam kepada mereka [3]. Dan kalian telah mengetahui bahwa tauhid yang mereka ingkari adalah tauhid 'ibadah yang oleh orang-orang musyrikin pada zaman kita disebut dengan al-i'tiqod (keyakinan hati) [4].

Penjelasan

[1] Yakni kaum musyrik yang Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam diutus kepada mereka.

[2] Yakni tauhid rububiyah, meyakini bahwa ALLOH sebagai satu-satunya yang mencipta, menguasai dan mengatur segala urusan.

[3] Yakni bahwa keimanan mereka terhadap ALLOH sebagai DZAT yang mencipta, menguasai dan mengatur segala urusan belum memasukkan mereka ke dalam tauhid 'ibadah yang diserukan Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam dan belum melindungi darah dan harta mereka.

[4] Yakni setelah engkau mengetahui bahwa yang mereka ingkari adalah tauhid 'ibadah yang dinamakan al-i'tiqod oleh orang-orang musyrik pada zaman kita, maka jelaslah bahwa keyakinan mereka yang semacam itu belum cukup untuk mengatakan dia telah bertauhid; bahkan belum cukup untuk memasukkan mereka ke dalam Islam. Ketahuilah, barangsiapa yang tidak mengakui tauhid 'ibadah, berarti dia belum dikategorikan sebagai seorang muslim sekalipun dia mengakui tauhid rububiyah. Oleh karena itu, Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam memerangi mereka (kaum musyrik) sekalipun mereka mengakui tauhid rububiyah.

===

Sumber:
Kitab: Syar-hu kasy-fusy syubuhaati wa yaliihi syar-hul u-shuulus sittah, Penulis: Muhammad bin Sholih al-'Utsaimin, Penerbit: Dar ats-Tsaroyya - Kerajaan Saudi Arobia, 1416 H/ 1996 M, Judul terjemah: Syaroh kasyfu syubuhat membongkar akar kesyirikan dilengkapi syaroh ushulus sittah, Penerjemah: Bayu Abdurrohman, Penerbit: Media Hidayah - Jogjakarta, Cetakan I, Robi'uts Tsani 1425 H/ Juni 2004 M.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog