Skip to main content

Syarah Kasyfu Syubuhat (15)

Penjelasan kitab Kasyfu Syubuhat

Engkau telah mengetahui [1] bahwa pengakuan mereka terhadap tauhid rububiyah belum memasukkan mereka ke dalam Islam; dan bahwa 'ibadah yang mereka tujukan kepada para Malaikat, para Nabi atau para wali untuk mendapat syafa'at (pertolongan mereka) serta bertaqorrub (pendekatan diri) kepada ALLOH adalah hal-hal yang menjadikan darah dan harta mereka menjadi halal. Dengan demikian, engkau mengetahui jenis tauhid yang diseru oleh para Rosul tetapi ditolak oleh orang-orang musyrik [2].

Penjelasan

[1] Kalimat ini "wa 'arofta" ma'thuf (bersambung) kepada "fa idzaa tahaqqoqta".

[2] Syaikh (Imam Muhammad bin 'Abdul Wahhab) rohimahuLLOOH mengatakan bahwa tauhid yang dida'wahkan para Rosul ALLOH adalah tauhid uluhiyah. Orang-orang musyrik di zaman Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam, sekali pun mereka mengakui tauhid rububiyah, namun Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam tetap menghalalkan darah dan harta mereka karena mereka mempersembahkan 'ibadahnya kepada para Malaikat, para wali dan orang-orang sholih dengan maksud untuk mendekatkan diri mereka kepada ALLOH. ALLOH Sub-haanahu wa Ta'aala berfirman,

"Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain ALLOH (berkata), 'Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada ALLOH sedekat-dekatnya'."
(Qur-an Suroh az-Zumar: ayat 3)

Mereka mengakui bahwa 'ibadah mereka ditujukan kepada ALLOH akan tetapi mereka menjadikan para Malaikat dan selainnya untuk mendekatkan diri mereka kepada ALLOH. Dengan keadaannya yang demikian, mereka tidak tergolong orang-orang yang bertauhid.

===

Sumber:
Kitab: Syar-hu kasy-fusy syubuhaati wa yaliihi syar-hul u-shuulus sittah, Penulis: Muhammad bin Sholih al-'Utsaimin, Penerbit: Dar ats-Tsaroyya - Kerajaan Saudi Arobia, 1416 H/ 1996 M, Judul terjemah: Syaroh kasyfu syubuhat membongkar akar kesyirikan dilengkapi syaroh ushulus sittah, Penerjemah: Bayu Abdurrohman, Penerbit: Media Hidayah - Jogjakarta, Cetakan I, Robi'uts Tsani 1425 H/ Juni 2004 M.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog