Skip to main content

Mengenali cara merusak usus halus (5)

Mengenali cara merusak usus halus (5)

Telat makan dan stress

Kebiasaan telat makan atau menunda-nunda bersantap, padahal perut sudah 'bernyanyi' sungguh tidak baik bagi kesehatan tubuh. Kebiasaan buruk tersebut juga membawa bencana bagi organ pencernaan, di antaranya usus akan mengalami kekeringan akibat terkurasnya enzim yang dipakai mengganti kebutuhan energi tubuh.

Bila hal ini sering terjadi usus menjadi kering dan mudah luka/ iritasi dan pada gilirannya meradang dan menjadi indikator tifus.

Dampak stress juga nyaris senada dengan telat makan, hanya ketika seseorang dilanda kecemasan berlebihan akan menguras cadangan energi tubuhnya termasuk terkurasnya enzim di area organ pencernaan. Akibatnya usus menjadi kering dan mudah luka. Bila stress tidak segera dikendalikan biasanya menjadi masalah berkepanjangan.

Meski demikian efek dari stress bisa menyebabkan seseorang kehilangan selera makan, tapi ada juga yang berdampak sebaliknya yaitu banyak makan yang menyebabkan obesitas/ gemuk dan juga bisa berujung terganggunya usus halus akibat banyak makan.

Menurut Imam adz-Dzahabi rohimahuLLOOH kegelisahan dan kesedihan yang selalu mengganggu semangat harian, maka Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam sebagaimana disebutkan oleh Imam Abu Nu'aim pernah berlindung dari kedua hal itu, dan bersabda,

"Barangsiapa yang banyak sedihnya badannya menjadi sakit."

WaLLOOHU a'lam

TB I Berbagai sumber I Tim

===

Sumber:
Tabloid Bekam Edisi 15/ Tahun ke-3/ Tahun 2012

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog