Skip to main content

Keutamaan hari Nahr (hari penyembelihan, 'Idul Adh-ha)

Perkara yang disunnahkan untuk dikerjakan pada hari-hari tersebut (yakni sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah) [5]

5. Keutamaan hari Nahr (hari penyembelihan, 'Idul Adh-ha)

Kebanyakan muslimin melalaikan hari yang agung ini. Salah satu bentuk keagungan dan keutamaan hari itu adalah berkumpulnya muslimin dalam jumlah yang sangat banyak. Sebagian 'ulama berpendapat bahwa hari itu merupakan hari yang paling afdhol (utama) dibandingkan hari-hari lainnya dalam satu tahun secara mutlak, bahkan termasuk hari 'Arofah sekali pun. Imam Ibnul Qoyyim rohimahuLLOOH berkata, "Sebaik-baik hari di hadapan ALLOH adalah hari 'Idul Adh-ha dan ia merupakan hari hajji terbesar (hajjul akbar)." Seperti yang disebutkan dalam kitab Sunan Abu Dawud, bahwa Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam bersabda,

"Bahwasanya hari yang paling agung di hadapan ALLOH adalah hari 'Idul Adh-ha kemudian hari qorr."

Hari qorr adalah hari menetap di Mina yaitu hari kesebelas dari bulan Dzulhijjah, tetapi pendapat yang lain mengatakan bahwa hari 'Arofah lebih utama daripada itu, karena puasa hari itu menghapuskan dosa dua tahun (setahun yang telah lewat dan setahun yang akan datang -ed), tiada hari yang ALLOH akan membebaskan hamba lebih banyak daripadanya, yaitu di hari 'Arofah. Karena ALLOH Sub-haanahu wa Ta'aala mendekat kepada hamba-hamba-NYA pada hari itu kemudian DIA membanggakan para pelaku wuquf di 'Arofah itu di hadapan sekalian Malaikat-NYA. Yang benar adalah pendapat yang pertama, karena hadits yang menunjukkan hal itu tidak bertentangan dengan dalil mana pun juga.

Sama saja apakah hari itu yang lebih utama atau hari 'Arofah, maka hendaknya seorang muslim bersungguh-sungguh, baik yang sedang melaksanakan 'ibadah hajji maupun orang yang bertempat tinggal (mukim) di sana untuk mendapatkan keutamaannya dan mempergunakan kesempatan itu sebaik-baiknya.

===

Sumber:
Kitab: Keutamaan 10 Dzulhijjah, Penulis: Syaikh 'Abdulloh bin 'Abdirrohman al-Jibrin dan Syaikh Muhammad bin Sholih al-'Utsaimin, Penerjemah: Muhammad Basyirun, Penerbit: al-Qowam - Solo, Cetakan I, Desember 2004 M.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog