Skip to main content

Tidak membaca nama ALLOH (BismiLLAAH) saat menyembelih

50 kesalahan dalam berhari raya

Bab II Hukum-hukum seputar qurban

10. Tidak membaca nama ALLOH (BismiLLAAH) saat menyembelih

Di antara manusia ada yang tidak menaruh perhatian pada membaca bismiLLAAH saat menyembelih. Hal ini tidak boleh. ALLOH Ta'ala berfirman,

"Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama ALLOH ketika menyembelihnya."
(Qur-an Suroh al-An'aam: ayat 121)

Dari Rofi' bin Khodij ro-dhiyaLLOOHU 'anhu bahwa Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam bersabda,

"(Sembelihan yang disembelih dengan menggunakan) alat yang dapat mengalirkan darah, dan dibacakan padanya nama ALLOH, maka makanlah sembelihan itu! Selama alat itu bukan gigi dan kuku." (20)

Maka seorang muslim wajib membaca nama ALLOH ketika menyembelih, karena menyembelih (berqurban) adalah dalam rangka ber'ibadah kepada ALLOH, ROBB semesta alam.

Juga merupakan keharusan bagi seorang muslim pada saat berqurban untuk membaca: BismiLLAAHI ALLOOHU Akbar (dengan nama ALLOH, ALLOH Maha Besar) dan bertakbir, berdasarkan riwayat dari Anas bin Malik ro-dhiyaLLOOHU 'anhu, ia berkata, "Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam berqurban dengan dua domba yang gemuk, lalu aku melihat Beliau shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam meletakkan kaki Beliau pada pipi kedua kambing itu (pada setiap penyembelihannya). Beliau shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam membaca nama ALLOH dan bertakbir, lalu menyembelih keduanya dengan tangan Beliau." (21)

===

(20) Shohih. Hadits Riwayat Imam al-Bukhori nomor 2488 dan Imam Muslim nomor 1968.

(21) Shohih. Hadits Riwayat Imam al-Bukhori nomor 5558, dan Imam Muslim nomor 1966.

===

Sumber:
Kitab: al-Kalimaatun Naafi'ah fil Akhthoo-isy Syaa-i'ah: Khomsuun Khotho-an fii Sholaatil 'Iidain, Penulis: Wahid 'Abdus Salam Baali, Penerbit: Dar Ibni Rojab, Cetakan II, 1424 H/ 2003 M, Judul terjemahan: 50 Kesalahan dalam berhari raya, Penerjemah: Mufti Hamdan, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir - Bogor, Cetakan I, Rojab 1426 H/ Agustus 2005 M.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog