Skip to main content

Shahih Tafsir Ibnu Katsir: Surat al-Baqarah (0)

Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Surat al-Baqarah

Bismillaahir Rahmaanir Rahiim

Rabbi yassir wa a'in yaa kariim
"Ya Rabbku, berikanlah kemudahan dan pertolongan, ya Karim."

Surat al-Baqarah
(Sapi Betina)

Surat Madaniyyah
Surat ke-2: 286 Ayat

Dalil-dalil yang Menunjukkan Keutamaan Surat al-Baqarah

Dalam Musnada al-Imam Ahmad, Shahiih Muslim, Sunan at-Tirmidzi dan Sunan an-Nasa-i terdapat sebuah hadits dari Abu Hurairah ra-dhiyallaahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Janganlah kalian menjadikan rumah kalian sebagai kuburan. Sesungguhnya rumah yang dibacakan di dalamnya surat al-Baqarah tidak akan dimasuki syaitan."

At-Tirmidzi mengatakan: "Hadits ini hasan shahih." (1)

Diriwayatkan dari 'Abdullah bin Mas'ud ra-dhiyallaahu 'anhu, ia berkata: "Sesungguhnya syaitan lari dari rumah yang didengar di dalamnya surat al-Baqarah."

Hadits riwayat an-Nasa-i dalam 'Amalul Yaum wal Lailah. (2)

Diriwayatkan juga oleh al-Hakim dalam Mustadraknya, kemudian ia berkata: "Sanadnya shahih dan tidak diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim." (3)

Ad-Darimi meriwayatkan di dalam Musnadnya dari 'Abdullah bin Mas'ud ra-dhiyallaahu 'anhu, ia berkata: "Tidaklah sebuah rumah dibacakan di dalamnya surat al-Baqarah, melainkan syaitan akan keluar darinya sambil terkentut-kentut."

Dia juga meriwayatkan dari jalan asy-Sya'bi, ia mengatakan bahwa 'Abdullah bin Mas'ud ra-dhiyallaahu 'anhu berkata: "Barangsiapa membaca sepuluh ayat dari surat al-Baqarah pada satu malam, maka syaitan tidak akan masuk ke rumahnya pada malam itu. Yaitu empat ayat pada awal surat al-Baqarah, ayat Kursi dan dua ayat setelahnya, serta tiga ayat terakhir surat al-Baqarah."

Dalam satu riwayat disebutkan bahwa pada hari itu dia dan keluarganya tidak akan didekati syaitan, dan tidak ada sesuatu yang dibencinya. Dan tidaklah ayat-ayat itu dibacakan kepada orang gila (kesurupan) melainkan ia akan sadar (sembuh). (4)

Diriwayatkan dari Sahl bin Sa'ad ra-dhiyallaahu 'anhu, ia berkata: "Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda: 'Setiap sesuatu memiliki puncak. Dan puncak al-Qur-an adalah al-Baqarah. Barangsiapa membacanya di rumahnya pada satu malam niscaya syaitan tidak akan memasukinya selama tiga malam. Dan barangsiapa membacanya di rumahnya pada suatu siang, maka syaitan tidak akan memasukinya selama tiga hari.'"

Diriwayatkan oleh Abul Qasim ath-Thabrani, Abu Hatim, Ibnu Hibban dalam Shahiihnya dan Ibnu Mardawaih. (5)

Bersambung...

===

(1) Ahmad 2/284, Muslim 1/307, Tuhfatul Ahwadzi 8/180, dan an-Nasa-i dalam al-Kubra 5/13. Shahih: Muslim no. 780 dengan perbedaan lafazh, at-Tirmidzi no. 2877. Lihat pula Shahiih at-Targhiib wat Tarhiib no. 1458.

(2) An-Nasa-i dalam al-Kubra 6/240.

(3) Al-Hakim 2/260.

(4) Ad-Darimi 2/322.

(5) Ath-Thabrani 6/163 dan Ibnu Hibban 2/78. Lihat Shahiih at-Targhiib wat Tarhiib no. 1462.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta - Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

As-Salamu 'alaikum pembaca setia baitulkahfitangerang.blogspot.com, siapa tau anda - atau ada temen yang tertarik dengan properti Bali di bawah ini:

Tanah bagus di jalan utama, sangat dekat dengan Central Parker dan Bali Bakery. Luas 1475m2, lebar depan 12.6m.

Untuk melihat denah dan informasi, www.balikey.com/p/1406/aa5420

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog